Begini Cara Polisi Telusuri Jalur Distribusi Beras Plastik

Beras plastik/Ilustrasi.
Sumber :
  • Malaysia Chronicle

VIVA.co.id - Kapolresta Bekasi Kota, Kombes Rudi Setiawan, menyebutkan belum ada hasil pemeriksaan atas sample beras yang diserahkan untuk diperiksa di laboratorium.

Perwira Menengah Polda Metro Wajib Lapor Harta

Menurut Rudi, langkah yang dilakukan sesuai aturan data dan barang bukti. Polisi. lajut dia, menerima pengaduan dari Dewi Septiani (28), pedagang bubur yang mengaku aneh dengan beras yang dimasaknya.

Kemudian, polisi meminta sisa beras. “Beras yang diserahkan, kami sita dan dibuatkan berita acaranya,” terang Rudi, Jumat, 22 Mei 2015.

Rudi menjelaskan, penyidik juga menelusuri jalur distribusi beras yang dibeli wanita itu. “Karenanya toko beras tempat Ibu Dewi berbelanja kami segel untuk memudahkan penyelidikan,” katanya.

Menurut Kapolres, barang bukti yang disita tadi langsung dikirim ke Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan, (BPOM), ke laboratorium Kementerian Pertanian dan Laboratorium Forensik Mabes Polri.

“Dari ketiga lembaga pengujian tadi, sampai saat ini belum satu pun yang ke luar hasilnya,” ujar Rudi Setiawan, sambil mengatakan soal lamanya pengujian, masih wewenang balai pengujian.

Sebelumnya, Wali Kota yang didampingi Kepala Pengujuin Laboratorium PT Sucofindo, Adisam ZN, sudah merilis hasil pemeriksaan beras yang positif berbahan baku polimer.

Mengenai hal itu, Kapolres menyebutkan hasil itu bukan kewenangannya. “Kami bekerja sebatas data dan barang bukti,” kata dia. (ren)

UI dan IPB Dinilai Relatif Independen Uji Beras Plastik
sorot beras plastik

Ingat Heboh Beras Plastik, Ini Update Kasusnya

Penyebar isu beras plastik itu ternyata masih diuber polisi.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2015