Wakil Gubernur DKI: Pengamen Ondel-ondel Harus Ditangkap

Ondel-ondel
Sumber :
  • Irwandi
VIVA.co.id -
Pendaftaran Masih Lama, PDIP Belum Pikirkan Cagub DKI
Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, seharusnya pengamen ondel-ondel tidak diizinkan untuk beroperasi kembali di wilayah DKI Jakarta. Namun, kenyataan di lapangan masih saja ada oknum yang melakukannya.

Masjid SMA Senilai Rp3,6 Miliar Diresmikan Wagub Djarot

"Itu (pengamen ondel-ondel) harus ditangkap. Tidak boleh dia seenaknya menggunakan atribut budaya untuk mengamen. Apalagi ini Jakarta ditonton banyak orang, malu dong Ibu Kota," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, di Balai Kota Jakarta, Kamis 21 Mei 2015.
Wagub Djarot Bicara Soal Jadi Wakil Sandiaga Uno


Walaupun bukan penduduk asli Jakarta, Djarot mengaku mencintai budaya-budaya Jakarta atau Betawi. Karenanya, ia marah dengan tindakan orang-orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan budaya asli Jakarta untuk dipakai mengamen.


"Sebagai warga Jakarta saya tersinggung," kata Djarot.


Djarot menekankan bahwa Pemrov DKI akan terus melakukan pengawasan agar tidak ditemukannya lagi pengamen ondel-ondel di wilayah Jakarta. Jika masih ada yang berkeliaran, maka instansinya akan langsung melakukan penangkapan dan pembenahan terhadap mereka.


"Langsung ditangkap dan diberikan pemahaman untuk mereka, agar tidak lagi menyalahgunakan budaya untuk mengamen atau mengemis," ujar Djarot.


Djarot menyarankan, lebih baik mereka memanfaatkan topeng lain seperti badut, binatang, karakter kartun dan lainnya.


"Saya melihat boneka-boneka lucu di tempat rekreasi, kelinci, doraemon, badut. Tapi jangan gunakan ondel-ondel
dong
," kata Djarot. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya