Ini Penyebab Macet Parah di Tanah Abang

Pedagang kaki lima
Sumber :
  • Antara/ M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Dinas Perhubungan Jakarta Pusat melakukan uji coba penutupan sejumlah ruas jalan di kawasan Tanah Abang. Penutupan itu dilakukan sejak 4 Mei hingga 11 Mei 2015 mendatang.

Penutupan ini dilakukan untuk menunjang kelancaran lalu lintas tersebut yang kerap macet panjang setiap harinya. Dua putaran jalan yang diberlakukan uji coba penutupan tersebut berada di depan blok B dan di depan Blok A.

"Kendaraan yang melintas dari arah Blok G menuju Blok A kerap tertahan karena ada 2 putaran jalan yaitu putaran Mas Mansyur dan putaran jalan Fachrudin, sementara kita uji coba penutupan menggunakan pagar portebel," ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat, Muslim di Jakarta.

Menurutnya, uji coba lalu lintas ini akan dilakukan saat jam sibuk mulai dari jam 2 siang hingga jam 5 sore. Selama ini di tempat tersebut diketahui ada 9 lajur kendaraan yang menyempit menjadi 2 jalur jalan sehingga berakibat kemacetan yang cukup panjang.

Selama pemberlakuan uji coba tersebut kendaraan yang berjalan dari arah jalan Fachrudin yang ingin mengarah ke pasar Blok B dan Blok A dapat memutar di bawah flyover Karet dan melewati jalan Jatibunder dan kembali melewati Pasar Blok G.

"Memang kendaraan yang melintas relatif jauh, tapi lebih mengalir. Kendaraan yang biasanya pada hari senin terurai di atas pukul 17. 30, saat pemberlakuan kemarin pukul 16.45 WIB sudah habis," katanya.

Setelah uji coba tersebut, pihaknya juga akan melakukan pengurangan bus yang melewati pasar Blok B dan Blok A. Sehingga kelancaran arus perjalanan bisa lebih teratur.

Pedagang Hewan Kurban Tanah Abang: Relokasi Bukan Solusi

Dari 4 jenis angkutan umum (bus) yang berjumlah 78 unit sekali melintas akan dikurangi 38 unit ke arah jalan Jatibunder.

"Kita kurangi jumlah busnya sekali melintas agar tidak macet parah, jadi bus yang datang dari depan Stasiun Tanah Abang kita pecah ke jalan Jatibunder memutar dan masuk lagi ke depan Stasiun Tanah Abang lurus terus ke arah Kebon Sirih," katanya.

Selain itu untuk mempermudah pengendara, sejumlah personel dishub akan disiagakan di lokasi selama pemberlakuan uji coba tersebut.

Ahok: Masa Mesti Gubernur yang Jagain Jalan Tanah Abang?

Gubernur sewot lantaran masih banyak parkir liar di sana.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016