Hari Ini, Jalur Protokol Bakal Ditutup Satu Jam

Pengamanan Konfrensi Asia Afria
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Beberapa ruas jalur protokol di DKI Jakarta akan ditutup pada Rabu dan Kamis seiring dengan kehadiran para kepala negara peserta peringatan Konferensi Asia Afrika.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Akibat penutupan tersebut masyarakat diimbau mencari jalur alternatif dan berangkat lebih awal.

"Kepada masyarakat saya mengimbau untuk memaklumi penutupan jalur dan mencari alternatif jalur yang ditutup," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin.

Penutupan yang dilakukan pada Rabu dan Kamis besok terjadi pada pukul 07.54 WIB sampai pukul 08.45 WIB. Di mana jalur yang akan ditutup adalah Jalan Sudirman, Thamrin, Senayan, Gatot Subroto dan Rasuna Said.

"Titiknya ada di tengah kota, porosnya di Semanggi, walau dimulai pukul 07.54 (penutupan) tetapi petugas sudah mengatur dan mempersiapkan sejak pukul 06.30 WIB," katanya.

Penutupan ini dikarenakan sejumlah petinggi negara peserta KAA akan menuju ke JCC Senayan sebagai tempat acara KAA berlangsung, para petinggi negara tersebut berangkat dari hotel mereka menginap sampai ke JCC Senayan.

"Pembagiannya di bagi tiga ring, pertama itu petinggi negara yang menginap di daerah Sudirman, Thamrin menuju JCC Senayan. Kedua, petinggi negara yang menginap di daerah Kuningan menuju JCC Senayan, ring ketiga tiga itu petinggi negara yang menginap di daerah Senayan menuju JCC Senayan," paparnya.

Menurutnya, pemberangkatan secara bertahap tiap ring yang membuat jalan akan ditutup sementara.

"Selang semenit kita memberangkatkan petinggi negara ke JCC Senayan, karena semua petinggi negara harus tiba di JCC sebelum jam 09.00 WIB," lanjutnya.

Penutupan arus kedua adalah saat petinggi negara dari JCC Senayan menuju Hotel masing-masing petinggi negara menginap.

Setelah pukul 09.30 WIB, lalu lintas di jalur protokol kembali normal. Lalin normal sampai sore hari.

Penutupan arus kedua dilakukan pukul 17.00-19.00 WIB. Pada periode dua jam tersebut, para kepala negara kembali dari JCC ke hotel tempat mereka menginap.

"Rutenya pun sama, penutupan juga dilakukan dengan cara yang sama, bertahap sesuai klaster," ujarnya.

Setelah pukul 19.00, para petinggi negara akan menghadiri jamuan makan malam di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo.

"Pada berangkat dan kembali dari Istana, jalur yang dilewati petinggi negara juga akan ditutup," jelas Risyapudin.

Mengenai petinggi negara yang akan menuju ke Bandung pada tanggal Jumat 24 April 2015, akan dilakukan juga penutupan jalur menuju bandara Halim Perdanakusuma.

"Waktu petinggi negara berangkat menuju Bandung juga akan dilakukan sterilisasi jalur menuju bandara Halim Perdanakusuma," ketanya.

Penutupan tersebut dilakukan sejak pukul 06.10 WIB sampai 07.30 WIB dikarenakan semua petinggi negara harus tiba pukul 07.30 WIB.

"Semua jalur kita sterilkan, jalur tol maupun jalur arteri, karena penerbangan di Halim maka jalan yang ditutup ditambah selain jalan yang tadi disebutkan ditambah jalan MT Haryono," ujarnya.

Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah
Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015