Hampir Seluruh Gedung Pemerintahan di DKI Rawan Ambruk

DPRD DKI Jakarta
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id - Berdasarkan hasil penelitian Institut Pertanian Bogor,
setidaknya 90 persen gedung pemerintahan di DKI Jakarta rawan ambruk. Penyebabnya, karena dalam setiap pembangunan tidak diberikan perlindungan anti rayap yang layak, agar kekuatan gedung bertambah.

KPU Provinsi Jakarta Tolak Pindah ke Sunter

Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB, Dodi Nandika, Kamis 16 April 2015, mengatakan bahwa sebagian besar gedung pemerintahan, seperti kantor kecamatan, kelurahan, puskesmas, baru diberi perlidungan anti rayap yang dibangun pada 2014.

"Saat ini, hanya 10 persen gedung pemerintahan yang terlindungi dari bahaya rayap, sisanya mengkhawatirkan," katanya usai menggelar seminar Asosiasi Perusahaan Pengendali Hama Indonesia (ASPPHAMI) di Hotel Santika, TMII, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurutnya, sejumlah gedung baru diberi perlindungan rayap lantaran gubernur baru mengeluarkan Pergub No 35 tahun 2013 tentang Pengendalian Rayap pada Gedung, atau Bangunan Milik Pemda DKI dan Seluruh Sekolah. Perlindungan itu pun baru dimulai 2014 hingga sekarang. "Sisanya, gedung-gedung yang saat ini berdiri masih belum terlindungi," ujarnya.

Dari seluruh kawasan Ibu kota, Dodi menyebutkan bahwa wilayah yang termasuk dalam tahap bahaya adalah Jakarta Selatan. Sebab, di kawasan tersebut, juga termasuk daerah rendah dengan permukaan air yang lebih dalam.

"Di wilayah itu pula, dulunya banyaknya perkebunan karet, sehingga menyebabkan rayap mudah berkembang biak," katanya.

Terkait hal tersebut, UPT Pengelola dan Pemanfaatan, Dinas Kelautan dan Pertanian, Kristina Siringoringo, menyebutkan pelaksaaan untuk pengontrolan terhadap rayap memang sudah masuk dalam agendanya. "Namun, pelaksanaan itu baru bisa dilakukan tahun 2016," ujarnya.

Menurutnya, anggaran untuk pelaksanaan itu pun sudah diajukan. Nilainya mencapai Rp50 miliar dan lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya Rp30 miliar.
"Yang jelas, dari kami tinggal menunggu pelaksanaannya saja," ujarnya. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu


[/vivamore]
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Cegah Ambruk, DKI Akan Periksa Gedung Baru Dibangun

Gedung harus tahan guncangan gempa.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2015