Kadisdik DKI: Hasil UN Tak Pengaruhi Kelulusan Siswa

Siswa ini sedang melaksanakan ujian.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Wagub Djarot Pantau UN di Lapas Cipinang
- Ujian Nasional (UN) tahun 2015 akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan April dan Mei 2015.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, untuk jenjang SMA, SMK, dan MA, Ujian Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 15 April 2015.

Menag: Siswa Tak Lagi Dihantui Persoalan Kelulusan

Sedangkan untuk jenjang SMP dan MTs, UN akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 Mei 2015.

"Jadwalnya berlaku serentak secara nasional," ujar Arie di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 9 April 2015.

Tiga Hari Perjalanan, Naskah UN Akhirnya Tiba di Jakarta

UN tahun 2015, kata Arie, merupakan UN pertama yang hasilnya tidak akan menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan siswa. Menurut dia, merujuk kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberlakukan secara nasional, hasil dari UN akan disandingkan dengan nilai rata-rata rapor hasil belajar siswa selama 3 tahun bersekolah.

"Kelulusan siswa sepenuhnya kewenangan sekolah di mana ada standar penilaian yang akan digunakan di samping hasil ujian," ujar Arie.

UN DKI tahun 2015, kata Arie, memiliki tema 'Jujur dan Berprestasi. Dinas Pendidikan menargetkan hasil rata-rata UN DKI secara keseluruhan bisa masuk ke peringkat 3 besar nilai UN terbaik di seluruh Indonesia.

"Kita berharap penyelenggaraan UN tahun ini bisa lancar, aman, tertib, dan tidak banyak ekses negatif sehingga seluruh siswa bisa mencapai hasil UN terbaik," ujar Arie.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya