Tanggapan Polsek Kelapa Gading soal Korban Trafficking

Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

VIVA.co.id - Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Sutriyono menyangkal telah sengaja membela pelaku kasus perdagangan manusia yang kini kasusnya ditangani Polres Bogor dengan sengaja menetapkan seorang anak di bawah umur dan wanita hamil sebagai tersangka dalam kasus lainnya.

"Kami hanya menangani kasus berdasarkan laporan adanya penipuan dengan laporan dari W dan G dengan terlapor inisial D," ujar Kompol Sutriyono kepada VIVA.co.id. Rabu 1 April 2015.

Seperti diberitakan, ibu dan anak itu dilaporkan tersangka kasus trafficking di Polres Bogor. Ibu dan anak itu dituduh telah melakukan penipuan karena kabur usai diberi uang Rp5 juta saat baru sehari bekerja di restoran milik tersangka.

Kompol Sutriyono juga menegaskan, penetapan tersangka itu tak terpengaruh dengan penanganan kasus trafficking di Polres Bogor. Ibu dan remaja itu dilaporkan pemilik restoran A di Kelapa Gading, yang juga bos dari Y, W, dan G pada 23 Februari lalu.

"Kami tak ada sangkut pautnya dengan kasus human trafficking yang sedang di periksa Polres Bogor," kata Kompol Sutriyono.

Polsek Kelapa Gading, menurut dia, tidak memanipulasi umur tersangka dan bertindak sesuai bukti yang ada.

3 Tersangka Perdagangan Manusia Dicokok di Hotel

"Ada dokumen, KTP, dan surat pernyataan di atas materai. Ibunya juga sudah diperiksa dan kami BAP, mengakui anaknya usia 19 tahun sesuai KTP. Kalau dia sebut masih 14 tahun bisa kena pemalsuan dokumen,"  ujar Kompol Sutriyono.

Anak dan ibunya telah melaporkan Y, W, dan G ke Polres Bogor dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas dugaan human trafficking. Kasus trafficking itu terjadi pada 15-16 Februari 2015.

Anak perempuan itu, menurut KPAI, awalnya dijanjikan menjadi artis, tapi saat berada di Jakarta, korban malah mendapat perlakuan tak pantas. Saat bangun dari tidur menemukan noda darah di celananya.

Remaja itu kabur dan menangis, kemudian bersama ibunya melapor ke polisi. Y, W, dan G sudah ditahan, namun kemudian tersangka melapor balik ke Polsek Kelapa Gading atas kasus penipuan.

![vivamore="
Pemerintah Dituding Kongkalikong dalam Perdagangan Manusia
Baca Juga :"]
Polisi Tangkap Tiga Pelaku Perdagangan Orang




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya