Ini Sistem Pengamanan di Konser One Direction

One Direction
Sumber :
  • REUTERS/Fred Prouser
VIVA.co.id
Personel One Direction Ini Jadi Atlet Golf?
- Polda Metro Jaya mengerahkan 500 personel untuk pengamanan konser grup vokal One Direction di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu malam ini, 25 Maret 2015.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Daniel Pasaribu, mengatakan pengamanan sudah dilakukan sejak Rabu siang, kemudian dilanjutkan sampai malam hari. Apel prajurit dilakukan pada pukul 11.30 WIB.

Diduga Mabuk, Louis 'One Direction' Diusir dari Hotel

"Kami menerjunkan sekitar 500 personel. Nanti akan dicek apabila kurang, maka jumlah personel akan ditambah," kata Daniel Pasaribu saat dihubungi, Rabu 25 Maret 2015.

Menurut Daniel, pengamanan dilakukan di dalam maupun di luar stadion. Seperti di pintu-pintu masuk, di dalam stadion, dan di luar stadion.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka pihaknya mengoperasionalkan kendaraan taktis (rantis). Selain melakukan pengamanan, pihaknya juga akan melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan tersebut.

Fans Menggila, One Direction Hentikan Konser Dubai

Gerbang paling luar menuju stadion dibuka sekitar pukul 10.00 WIB. Sedangkan penonton diperbolehkan memasuki SUGBK, pada pukul 15.00 WIB, sesuai jenis tiket masing-masing yang dimiliki penonton.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martinus Sitompul, pengamanan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Pola pengamanan akan dibuat antara lain menggunakan sistem ring, sterilisasi, penyekatan, pemeriksaan, penggeledahan, pelarian, penjagaan, dan pengaturan.

Pintu masuk ke lokasi konser pun akan dibatasi. Pintu masuk tribun yang dibuka hanya pintu VIP Barat, pintu I, II, III, V, VII, dan XII. Sementara itu, pintu masuk festival yaitu pintu kuning dan biru.

"Pengamanan ring 1 B yaitu seputar lapangan, pintu keluar, dan posko pengamanan kami siagakan 269 personel," kata Kabid Humas.

Pengamanan ring 1C, yaitu sekitar sekat sektor tribun hingga VIP akan dijaga oleh 230 personel. Sementara untuk ring 1D, yaitu pintu lorong tribun bawah akan dijaga 112 personel. Untuk ring IIA yaitu akses masuk tribun dan VIP, di tempat pemeriksaan tiket, polisi mengerahkan 168 personelnya.

Di ring IIB, yakni akses festival disiagakan 208 personel. Untuk ring IIC yaitu ring road ada 236 personel yang berjaga-jaga, dan di ring IIIA yaitu pintu luar ring road ada 80 personel. Pada ring IVA terdapat 90 personel yang bertugas untuk pengamanan ketertiban di kawasan dalam Senayan.

Dan di bagian luar yaitu di ring IVB, ada 100 personel yang disiagakan. "Kami sudah memulai pengamanan pada pukul 12.00 hingga 24.00 WIB ini," ujar Martinus. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya