Ahok: Harusnya DPRD Juga Gugat Mendagri

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan konsistensi DPRD DKI yang menyerangnya soal APBD. Kata dia, dewan daerah harusnya juga menggugat Menteri Dalam Negeri ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Ahok, dari Begal APBD hingga 'Legalkan' PSK

Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan hal ini dikarenakan Kemendagri sebelumnya telah menerima dan mengevaluasi dokumen RAPBD DKI tahun 2015 yang dikirimkan Pemprov.

"Kalau dilihat dari proses tata negara harusnya begitu. Berarti menurut mereka, Mendagri juga ngaco dong karena menerima APBD yang dianggap palsu oleh hak angket," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 24 Maret 2015.

Sebagai informasi, walaupun DKI telah pasti menggunakan Pergub atau kembali menggunakan pagu anggaran 2014 untuk menyusun APBD 2015, DPRD tetap melanjutkan pelayangan hak angket kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Klaim Sedang 'Dimusuhi' Lembaga Negara

Adapun pelayangan hak angket itu dilakukan untuk menyelidiki dugaan pengiriman dokumen RAPBD 2015 palsu  Pemprov DKI kepada Kemendagri.

Ahok mengatakan, DPRD hanya sekadar gengsi meneruskan pelayangan hak angket itu. Pelayangan hak angket, saat ini menjadi tidak berarti karena dokumen APBD yang dipermasalahkan akhirnya tidak dipakai sama sekali.

Selain itu, Ahok menilai ketidaksetujuan DPRD terhadap dokumen RAPBD yang telah dievaluasi oleh Kemendagri juga hanya berlatarbelakang gengsi semata. Bila DPRD menyetujui dokumen yang diserahkan oleh DKI pada Jumat, 20 Maret 2015 kemarin, maka DPRD sama saja dengan menjilat ludahnya sendiri karena menyetujui dokumen APBD yang mereka permasalahkan.

"Makanya ini polemik lho buat DPRD. Mereka sengaja tidak sepakati dokumen APBD 2015 dan buat kita pakai Pergub supaya gengsi hak angketnya tetap ada. Tapi kalau mereka memang mau lanjut ya itu DPRD punya hak. Ya silakan saja," ujar Ahok.

![vivamore="Baca Juga :"]

Ahok Sebut Pansus DPRD DKI Kurang Sekolah

[/vivamore]

Penelitian: Ternyata Gaya Ceplas-ceplos Ahok Justru Disukai

Gaya bicara Ahok yang blak-blakan lebih disukai masyarakat

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016