Begal APBD Anak Buah Ahok 'Mengerikan'

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Penelitian: Ternyata Gaya Ceplas-ceplos Ahok Justru Disukai
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, merevisi jumlah besaran anggaran di rancangan APBD DKI tahun 2015, yang diduga dikorupsi oleh oknum anak buahnya sendiri.

Ahok, dari Begal APBD hingga 'Legalkan' PSK

Bila sebelumnya Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan bahwa berkat situs web kawalAPBD.org, dia dapatkan jumlah besaran yang dikorupsi itu mencapai Rp2 triliun, kini Ahok mengatakan jumlah itu berada di kisaran Rp1,5 triliun.

"Pak Ainun (pengembang situs web kawalAPBD.org) kan dapat Rp10,5 triliun. Jadi, saya kira ada anggaran Rp1,5 triliun yang lolos ke sistem e-budgeting," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 17 Maret 2015.

Temuan itu, kata Ahok, telah diserahkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk diteliti oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesian Corruption Watch, sebelum nantinya akan dilaporkan juga untuk diproses di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ahok belum mau membeberkan rincian dari dugaan korupsi yang dilakukan oleh oknum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI itu. Namun, ia berjanji akan membeberkannya ke publik, begitu temuan itu selesai diteliti oleh ICW dan diserahkan ke KPK.

Yang jelas, kata Ahok, temuan dugaan korupsi itu 'mengerikan' karena melibatkan orang dalam di jajaran Pemprov DKI sendiri dan dikatakan oleh Ahok terdiri dari para pejabat eselon 4, eselon 3, dan tidak tertutup kemungkinan juga pejabat di tingkat eselon 2 yang sejajar dengan Kepala Dinas, atau Kepala Badan di lingkungan Pemprov DKI.

"Saya sudah tahu poin-poin yang dikorupsinya apa saja. Nanti, ICW yang akan laporkan dia ke KPK dan akan kita buka semua. Mengerikan kalau kita lihat semua dugaan korupsi itu," kata Ahok. (asp)

Ikut Rapat Banggar, Ahok Cari PNS Penyisip Dana Siluman

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya