Menguak Lukisan Wajah Asli Untung Surapati

Lukisan Untung Surapati yang dimiliki budayawan Ridwan Saidi.
Sumber :
  • Dody Handoko

VIVA.co.id - Untung Surapati adalah tokoh dalam sejarah Nusantara yang tercatat dalam Babad Tanah Jawa. Ia seorang anak rakyat jelata dan budak VOC yang menjadi seorang bangsawan dan Tumenggung (Bupati) Pasuruan.

Perjuangannya melawan kolonialisme VOC di Pulau Jawa membuatnya dikenal sebagai pahlawan nasional Indonesia. Ia telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia berdasarkan S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975.

Selama ini orang mengenal wajah Untung Surapati seperti yang tersebar di dunia maya. Ia digambarkan memakai topi khas Bali. Namun, budayawan Betawi, Ridwan Saidi, mengaku memiliki lukisan wajah asli Untung Surapati. Ia memperoleh foto itu dari temannya yang tinggal di Belanda.

"Untung Surapati melakukan pemberontakan karena dia merasa terhina menjadi budak orang Belanda yang kerjanya setiap hari membersihkan kotoran majikannya," ujar Ridwan ketika ditemui di rumahnya, kawasan Bintaro, beberapa saat yang lalu.

Menurut Babad Tanah Jawi, Untung Surapati bernama asli Surawiroaji. Ia berasal dari Bali yang ditemukan oleh Kapten van Beber, seorang perwira VOC yang ditugaskan di Makasar. Kapten van Beber kemudian menjualnya kepada perwira VOC lain di Batavia yang bernama Moor.

Sejak memiliki budak baru, karier dan kekayaan Moor meningkat pesat. Anak kecil itu dianggap pembawa keberuntungan sehingga diberi nama "Si Untung".

Ketika Untung berumur 20 tahun, ia dimasukkan penjara oleh Moor karena menjalin hubungan dengan putrinya yang bernama Suzane. Untung kemudian menghimpun para tahanan dan berhasil kabur dari penjara dan menjadi buronan.

Pada tahun 1683 Sultan Ageng Tirtayasa raja Banten dikalahkan VOC. Putranya yang bernama Pangeran Purbaya melarikan diri ke Gunung Gede. Ia memutuskan menyerah tetapi hanya mau dijemput perwira VOC pribumi.

Kapten Ruys (pemimpin benteng Tanjungpura) berhasil menemukan kelompok Untung. Mereka ditawari pekerjaan sebagai tentara VOC daripada hidup sebagai buronan. Untung pun dilatih ketentaraan, diberi pangkat letnan, dan ditugasi menjemput Pangeran Purbaya.

Untung menemui Pangeran Purbaya untuk dibawa ke Tanjungpura. Datang pula pasukan Vaandrig Kuffeler yang memperlakukan Pangeran Purbaya dengan kasar. Untung tidak terima dan menghancurkan pasukan Kuffeler di Sungai Cikalong, 28 Januari 1684.

Pangeran Purbaya tetap menyerah ke Tanjungpura, tapi istrinya yang bernama Gusik Kusuma meminta Untung mengantarnya pulang ke Kartasura. Untung kini kembali menjadi buronan VOC. Ia pernah menghancurkan pasukan Jacob Couper yang mengejarnya di Desa Rajapolah, Jawa Barat.

Ketika melewati Kesultanan Cirebon, Untung berkelahi dengan Raden Surapati, anak angkat sultan. Setelah diadili, terbukti yang bersalah adalah Surapati. Surapati pun dihukum mati. Sejak itu nama "Surapati" oleh Sultan Cirebon diserahkan kepada Untung.

Penulis Hindia Belanda Melati van Java (nama samaran dari Nicolina Maria Sloot) juga pernah menulis roman berjudul Van Slaaf Tot Vorst, yang terbit pada tahun 1887. Karya ini kemudian diterjemahkan oleh FH Wiggers dan diterbitkan tahun 1898 dengan judul Dari Boedak Sampe Djadi Radja.

Penulis pribumi yang juga menulis tentang kisah ini adalah sastrawan Abdul Muis dalam novelnya yang berjudul Surapati. (ren)

Baca juga:

PSK Ikut 'Ziarah' di Makam Pangeran Wijayakusuma


Laporan: Dody Handoko

Ulama Betawi Kiai Hasbiyallah.

Kiai Ini Usir Belanda Hanya dengan Sorban

Pemprov DKI Jakarta memberikan gelar pahlawan nasional kepadanya.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2015