Penertiban Bangunan di Stasiun Kemayoran Ricuh

Penertiban Bangunan Liar di Klender
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Hunian Liar Kolong Tol Pejagalan-Tanjung Priok Bakal Digusur
- Puluhan bangunan yang berdiri di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Jalan Garuda Kemayoran, Jakarta Pusat, dibongkar paksa oleh petugas. Aksi ini menuai protes dari warga yang telah lama menempati lahan tersebut.

Gencar Tertibkan Hunian Liar, Rumah Ahok Dijaga Ketat

Dalam penertiban itu juga sempat terjadi cekcok antara petugas dan warga. Banyak warga yang menangis melihat rumahnya diratakan dengan tanah oleh alat berat.

Bangunan yang berdiri sejak puluhan tahun itu dibongkar untuk perluasan parkir penumpang kereta. Sempat terjadi kericuhan, karena PT KAI tidak memberikan ganti rugi atas pembongkaran tersebut.

Kepala Humas KAI Daop 1, Bambang S Prayitno, mengatakan, eksekusi ini harus dilakukan karena tanah tersebut milik negara. "Lahan ini berada di lahan PT Kereta Api, nanti warga juga dapat uang pengganti," ujar Bambang, Senin, 9 Maret 2015.

Yuvina, salah satu warga menyebut jika PT KAI tidak berhak untuk mengeksekusi tahan. "Yang berhak ialah (berdasar putusan) pengadilan. Kami juga belum dapat uang pengganti sebesar Rp250 ribu per meter, itu enggak manusiawi banget," kata dia.

Eksekusi bangunan ini turut dijaga ketat petugas TNI dan Polsuska untuk mengantisipasi adanya perlawanan dari warga. (art)


Yoga Kuspratomo / Jakarta Pusat

![vivamore="Baca Juga :"]

Setelah Kalijodo, Ahok Bongkar Hunian Liar Kolong Tol Pluit


[/vivamore]
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok)

Ahok dan Yusril 'Berbalas Pantun' Soal Masjid Luar Batang

Ahok mengklaim DKI justru akan mempercantik Masjid Luar Batang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016