Distributor Tepung Ikan Ikut Tender 'Siluman' UPS Jakarta?

Pengadaan UPS di Sekolah
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Lulung Mau Lihat Kesaksian Ahok di Pengadilan Tipikor
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, berang terkait kasus dugaan korupsi pengadaan suplai daya bebas gangguan atau
Uninterruptible Power Supply
Jadi Tersangka Kasus UPS, Fahmi Zulfikar Siap Mundur
(UPS) untuk sejumlah sekolah di Jakarta. Ditengarai, ada penyimpangan anggaran dalam proyek tersebut.
Jemput Alex Usman, Penyidik Bawa Tim Dokter Kepolisian

Menurut data yang dibeberkan Ahok, dari 49 sekolah yang ada di Jakarta Barat, yang menggunakan UPS senilai miliaran rupiah. Dari data juga tercatat nama CV Wiyata Agri Satwa, pemenang tender pengadaan UPS di SMKN 42 Jakarta, senilai Rp5.833.448.500.

Hasil ā€ˇpenelusuran VIVA.co.id, sejak tahun 2010, CV Wiyata Agri Satwa berkantor di Jalan Tambak Sawah Industri Blok D/10 RT 07 RW 02, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Anehnya, CV ini dari luar lebih menonjolkan aktivitas penggilingan tepung ikan.

Gudang penggilingan tepung ikan ini yang berlantai dua itu tidak terdapat plakat nama CV Wiyata Agri Satwa. Di dalam, hanya terlihat tumpukan karung tepung ikan dan mesin giling. Lantai dua, untuk ruang kantor.

Dikonfirmasi terkait bidang usahanya, Divisi Operasional CV Wiyata Agri Satwa, Ferry Cahyanto membenarkan kalau perusahaan tempatnya bekerja adalah distributor tepung ikan. Aktivitasnya, penggilingan bahan pakan ternak, jenis tepung ikan, kemudian dipasarkan ke berbagai wilayah luar pulau.

"Tidak hanya bidang penggilingan tepung, ada banyak usaha, dan di sini gudangnya," ujar Ferry.

Ferry menambahkan perusahaannya juga mempunyai izin usaha di bidang pengadaan mesin, seperti mesin alat pertanian, diesel, hand tractor dan bidang jasa yang lain.

"Hanya saja, fisik usaha yang terlihat hanya tepung ikan," akunya.

Ditanya terkait pengadaan UPS untuk sekolah di Jakarta, Ferry tidak menyangkal kemungkinan perusahaannya menangani tender tersebut.

"Kita juga punya izin usah pengadaan barang. Tapi untuk masalah itu (UPS), saya tidak tahu karena saya hanya menangani tepung ikan ini," katanya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki atau Ahok, menengarai ada dana 'siluman' dalam proyek pengadaan mesin UPS untuk sekolah-sekolah di Jakarta. Proyek pengadaan barang tahun 2014, bernilai miliaran rupiah itu, ditengarai ada permainan penggelembungan dana (mark-up).

Untuk diketahui, CV Wiyata Agri Satwa merupakan salah satu perusahaan pemenang tender Pengadaan UPS di Suku Dinas Pendidikan Tinggi Jakarta Barat tahun anggaran 2014. Dari data, untuk suku dinas tersebut terdapat 25 perusahaan pemenang tender.

![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya