'Cabe-cabean' Juga Jadi Target Begal Motor

Para pencuri kendaraan bermotor berhasil dicokok aparat berwenang beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Aksi begal motor yang belakangan terjadi di beberapa wilayah Jakarta, Depok dan Tangerang ternyata didalangi pelaku yang masih berusia belasan tahun.

Modus Baru Begal, Pura-pura Tersenggol Motor Korban

Para penjahat muda ini mengaku melakukan aksi kejahatannya hanya sekadar untuk iseng, ikut-ikutan dan gengsi kepada teman sebayannya.

Salah satu pelaku begal, AC (19 tahun), menceritakan awal mula dia terjaring dalam kelompok pencuri sadis tersbeut.

Ibu Rumah Tangga Jual Ribuan 'Pil Setan' ke Begal

"Saya (begal) diajakin teman, terus ditantangin, kalau bisa rampas motor, saya akan disegani," ujar AC di Mapolda Metro Jaya kepada VIVA.co.id.

AC yang lulusan SMA ini menjelaskan, selama beraksi menjadi begal hanya sebagai pengawas dan pemantau situasi saja. Meski dia mengaku baru satu kali beraksi menjadi begal motor, namun sudah mendapatkan dua motor hasil rampasan.

"Motornya buat kebutuhan sehari-hari saja. Biasanya saya suka incar motor di daerah GDC (Grand Depok City)," katanya.

Hal yang sama diungkapkan oleh begal motor yang masih berusia muda lainnya, yakni AB (19 tahun). Dia mengakui dalam beraksi selalu membawa senjata tajam berupa pisau.

Yang menarik, target korban yang menjadi incaran dirinya adalah yang rata-rata masih ABG juga. Biasanya AB, beraksi di sekitaran Jalan Margonda dekat Kampus UI.

"Yang saya ambil biasanya seumuran, lebih mudah yang cabe-cabean, soalnya dipepet dikit terus dibentak sudah mau ngasih motornya," kata AB.

AB yang ditangkap oleh petugas buser Polresta Depok pada 1 Februari 2015 lalu ini, mengaku sudah menjalankan aksinya sebanyak tiga kali.

Dia juga saat beraksi selalu berkelompok 2 sampai 3 orang. Namun nahas, saat dibekuk, dia berhasil ditangkap, dan dua teman lainnya berhasil kabur.

"Ada 4 motor yang saya dapat, motornya saya modif buat pamer dan balap-balapan saja," kata AB yang putus sekolah sejak kelas 2 SMA ini.

![vivamore="Baca Juga :"]

Empat Tahun Komeng Cs Dalangi Pembegalan di Depok
[/vivamore]
Aplikasi Partmaps Diklaim Antibegal

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS

Aplikasi itu dapat dimanfaatkan juga untuk kondisi darurat lain.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016