Terowongan Raksasa di Jakarta Segera Dibangun

Smart tunnel Malaysia
Sumber :
  • http://smarttunnel.com.my

VIVA.co.id - Rencana Jakarta untuk membangun Jakarta Integrated Tunnel (JIT), atau deep tunnel (terowongan raksasa) yang akan berfungsi mengatasi permasalahan yang ada segera terwujud.

Direktur Utama PT Antaredja Mulia Jaya, Agus Sidharta, Jumat 27 Februari 2015, mengatakan bahwa dia sengaja datang ke Balai Kota untuk menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

Pertemuan itu untuk melaporkan hasil Studi kelayakan deep tunnel dan meminta payung hukum, agar proyek itu segera dibangun.

"Deep tunnel akan menjadi kebutuhan di setiap negara. Tidak saja untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan banjir, tetapi juga untuk mengatasi beban kota megapolitan seperti Jakarta, yang semakin berat, seperti kekurangan tenaga listrik dan kekurangan pasokan air minum," ujar Agus.

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi

Menurut Agus, dia mendapatkan respons yang baik dari Wakil Gubernur dan akan membicarakan rencana itu dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Dia memperkirakan, mega proyek ini jika sudah mendapatkan payung hukum akan dibangun secepatnya, dan diperkirakan selesai sebelum Asian Games 2018 di Jakarta.

"Pak Wagub memberi respons yang baik dan secepatnya dalam waktu dekat segera dimulai proyek ini," katanya.

Agus menambahkan, terowongan ini diyakini akan jauh lebih canggih dibandingkan dengan terowongan yang dimiliki Malaysia, yang berfungsi sebagai jalan saat musim kemarau dan musim hujan.

Proyek ini, kata Agus, sama sekali tidak memakai dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jakarta dan seluruh pendanaannya menggunakan dana Swasta.

Nantinya, selain PT Antaredja Mulia Jaya selaku investor dalam negeri dalam membangun deep tunnel, akan ada empat investor asing yang tertarik kepada proyek ini, yaitu China Railway, CAS Construction Fujian Haixi Co, yang keduanya dari China. Kemudian dua lagi, Bouygues dari Perancis, dan Sembawang Group dari Singapura.

Deep tunnel
adalah sebuah proyek untuk membangun terowongan yang multifungsi, nantinya proyek ini akan memiliki fungsi sebagai jalan tol, pengendali banjir, pengembangan air baku air minum, dan Penanggulangan banjir, serta pengembangan pembangkit listrik mikrohidro. (asp)

Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal



![vivamore = "Baca Juga :"]

Alasan Lelang Proyek Anak Buah Ahok Selalu Gagal

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya