Menyamar Demi Tangkap Pelaku Begal Motor

Begal motor di Depok tertangkap Polisi Sukmajaya
Sumber :
  • Vivanews/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Polisi mengaku terus berupaya mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan begal motor yang semakin hari, semakin meresahkan masyarakat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, mengatakan, selain melakukan langkah antisipasi preventif seperti rutinnya menggelar razia malam di daerah titik rawan begal motor, polisi juga akan melakukan upaya menyamar sebagai calon korban dari tindakan pelaku penjahat jalanan ini.

"Langkahnya, kita juga akan menyamar dan berperan sebagai calon korban. Ini dilakukan, agar kita bisa melakukan tindakan langsung jika menemukan para pelaku di lokasi," ujar Martinus.

Martinus menambahkan, jika nantinya pelaku ditemukan, upaya penangkapan akan dilakukan dengan secara tegas.

Bahkan, jika para begal motor ini melawan, langkah tembak ditempat akan dilakukan sebagai jalan terakhir dari polisi.

Selain itu, kata Martinus, dalam menindak dan mempersempit ruang gerak para pelaku begal, polisi terlebih dahulu akan melakukan analisis dan mempelajari ruang gerak dan wilayah para begal tersebut.

"Ini sebagai upaya sebagai penegakan hukum. Kita akan habisi sampai akar-akarnya," kata Martinus.

Diketahui, para begal ini banyak yang berasal dari luar Jakarta, seperti Lampung, Pandeglang, Karawang, Bekasi, Depok, dan Bogor. Mereka beraksi, biasanya bedasarkan tim dari daerahnya masing-masing.

Meski begitu, kata Martinus, polisi tetap akan mengejar di manapun persebunyian mereka. "Sampai akarnya kita akan kejar, mengejar sampai ke daerah asal kelompoknya masing-masing," katanya.

Selain itu, selama melakukan aksi di Jakarta maupun daerah Tangerang, kelompok begal ini kerap menyewa rumah kontrakan milik warga untuk dijadikan tempat tinggal sementara.

"Biasanya, pelaku ini ngontrak rumah, atau menyewa kost. Nanti, akan datang orang-orang berbeda yang secara bergantian ke tempat tersebut dan barang juga akan berganti-ganti," katanya. (asp)

Modus Baru Begal, Pura-pura Tersenggol Motor Korban
Aplikasi Partmaps Diklaim Antibegal

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS

Aplikasi itu dapat dimanfaatkan juga untuk kondisi darurat lain.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016