Gusur Rumah Warga, Wali Kota Jakbar Disemprit Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menegur Wali Kota Jakarta Barat, HM Anas Efendi, terkait masalah penggusuran pemukiman warga di Kecamatan Taman Sari di Kotamadya Jakarta Barat.

"Saya telepon wali kota dan camatnya, terus saya katakan Anda nggak bisa main bongkar saja kalau memang masih banyak anak-anak yang masih sekolah di sana atau kalau tempatnya memang belum mendesak untuk dibongkar," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 23 Februari 2015.

Ahok menginstruksikan jajarannya di Pemkot Jakarta Barat untuk melakukan sosialisasi secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum mulai melakukan pembongkaran hunian-hunian ilegal.

Pemprov DKI, kata Ahok, memang tidak mentolerir keberadaan hunian-hunian ilegal di beberapa lokasi seperti bantaran sungai, kolong jembatan atau pinggiran rel kereta api.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Namun, Ahok mengatakan Pemprov tetap menyediakan ribuan unit rumah susun sebagai tempat relokasi bagi para warga itu. "Memang prosedurnya, kalau kamu nggak punya rumah di Jakarta, kamu harus mau dipindahin ke rusun," ujar Ahok.

Pagi tadi, sekitar 20 orang warga yang diketahui berasal dari Kelurahan Pinangsia di Kecamatan Taman Sari, menemui langsung Ahok saat baru saja tiba di kantornya.

Mereka mengadukan pemukimannya yang hendak digusur oleh Satpol PP Jakarta Barat. Rencana penggusuran itu, kata salah seorang warga, dilakukan dengan sosialisasi yang minim, sedangkan para petugas Satpol PP telah berjaga di lingkungan mereka sejak tanggal 20 Februari 2015.

Selain itu, para warga tersebut juga mengeluhkan tentang ketidakjelasan nasib mereka apabila penggusuran itu terlaksana. "Kita nggak mau digusur sekarang. Belum ada rusun kok main gusur," ujar Asep, salah seorang warga tersebut pagi tadi. (one)

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

Baca juga:

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016