Delay Terus, Staf Lion Air Disandera Penumpang

Pesawat Lion Air
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Penumpang maskapai Lion Air murka. Mereka gelisah dan tak sabar menunggu kepastian kapan pesawat akan diberangkatkan. Dari sebelumnya puluhan, kini sudah mencapai ratusan penumpang yang berdatangan.

Riuh dan gaduh, begitulah suasana yang terjadi di terminal 1 B dan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang terjadi sejak Rabu malam. Puncaknya, penumpang nekat berbuat anarki ke staf Lion yang menjaga tempat check in penumpang.

Bunga, salah satu staf Lion Air, menjelaskan, peristiwa ini bermula terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 19.15 WIB. Saat itu dia mendapat shift dinas malam.

Sesampainya di terminal 1 B, dia kaget karena melihat banyak penumpang yang terlantar. "Lalu saya tanya teman yang masih on duty, katanya memang pesawatnya rusak sehingga tidak bisa terbang," kata dia sata dihubungi VIVA.co.id.

Semakin malam dia bekerja, tetapi penumpang malah semakin anarki. Staf yang masuk pada Rabu malam juga langsung dievakuasi ke terminal 1 C tempat Batik Air.

"Jadi sebagian staf bisa dievakuasi, dan sebagian lagi masih di sana. Penumpang menyuruh staf kami untuk merusak kaca gate. Mereka menyuruh staf agar tidak dituntut," jelas Bunga.

Setelah itu, penumpang yang anarki juga memukul dan menendang staf hingga mengalami luka yang cukup serius. Melihat kondisi ini, pihak Lion akhirnya menerbangkan penumpang dengan pesawat tujuan Jeddah pada Kamis malam.

"Penumpang bahkan menyandera staf dengan membawa mereka ke Pekanbaru dengan pesawat Jeddah itu," tambahnya.

Tak hanya itu, ada satu orang penumpang yang akan berangkat ke Padang Jumat pagi ini lantaran anaknya sakit keras juga mengamuk. Dia juga menyandera dan memukul staf Lion Air yang bertugas.

Sementara itu, pagi tadi, lanjut Bunga, penumpang sudah mulai memboikot tempat membayar airpot tax, merusak mesin absen karyawan, merusak komputer data manifes, kabel kasir dicabut dan lampu dipadamkan.

Lion Air Pecat 14 Pilot, Dianggap Pembangkang

Baca juga:

Direktur Umum Lion Group Edward Sirait

Lion Publikasikan 14 Nama Pilot yang Dipecat

Mereka dituding telah mencoreng nama perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016