Fenomena Miris yang Ditemukan Djarot Saat Susuri Ciliwung

Banjir Jakarta.
Sumber :
  • Yulianisa

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saifu Hidayat menemukan fenomena yang belum pernah ia lihat sebelumnya selama menjadi seorang pimpinan daerah.

Fenomana itu ditemukan Djarot saat menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet bersama anggota TNI, Selasa 11 Februari 2015.

Saat perahu karet yang ditumpangi Djarot melintas di sekitar wilayah Jakarta Timur, Djarot terkejut karena pemandangan bantaran Sungai Ciliwung ternyata tak seindah yang dibayangkannya.

Di bantaran Ciliwung tak terlihat lagi pepohonan hijau, semua telah berganti dengan tembok-tembok pemukiman liar yang berdiri menumpuk di sepanjang bantaran Ciliwung.

Tak seekor pun ikan yang dijumpai berenang riang di derasnya arus Ciliwung, yang ada hanya sampah-sampah rumah tangga yang hanyut terbawa arus.

"Sangat miris melihatnya," kata Djarot sambil terus mengamati setiap jengkal bantaran Ciliwung yang dilalui perahu karetnya.

Yang tak kalah membuat Djarot harus menghela nafas panjang adalah ketika menemukan warga tengah asik mandi, mencuci dan juga buang air besar di keruhnya air Ciliwung.

"Kita tidak perlu marah kalau banjir karena ini juga ulah kita," ujarnya.

Setelah melihat semua fenomena itu, Djarot menyatakan akan secepatnya melakukan pembersihan Ciliwung dari sampah dan bangunan.

"Kita akan normalisasikan kembali Ciliwung, tertibkan semua bangunan liar dan kita akan lakukan sosialisasi kepedulian lingkungan kepada warga," katanya.

Djarot menyusuri Sungai Ciliwung untuk memantau kondisi sungai yang selalu mengirimkan banjir ke Jakarta itu.

Pendaftaran Masih Lama, PDIP Belum Pikirkan Cagub DKI

Baca juga:



Masjid SMA Senilai Rp3,6 Miliar Diresmikan Wagub Djarot
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016