Ahok: Kampung Pulo Belum Tenggelam, Jakarta Belum Darurat

Banjir di jalan antara Monas dan Istana Negara
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyebut musibah banjir yang tengah terjadi di Jakarta saat ini belum memasuki status darurat bencana.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Kawasan Kampung Pulo di Kecamatan Kampung Melayu, Jakarta Timur, jadi patokan. Setiap tahunnya, kata Ahok, sapaan Akrab Basuki, wilayah ini selalu menjadi langganan banjir dengan kondisi terparah.

"Menurut saya belum darurat siaga. Kampung Pulo saja belum tenggelam kok. Kampung Pulo nggak kerendem 7 meter lagi kan? Kampung Pulo sekarang 3 sampai 4 jam juga banjirnya surut," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 10 Februari 2015.

Terendamnya kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara pada Senin kemarin, 9 Februari 2015, menurut Ahok tidak bisa dijadikan sebagai parameter parahnya banjir di Jakarta.

Banjir yang menggenangi Ring I Istana kemarin itu disebutkan oleh Ahok, murni terjadi karena curah hujan yang tinggi. Ditambah banjir rob yang sedang terjadi di pantai utara Jakarta, dan dimatikannya sambungan listrik yang mengaliri mesin-mesin pompa di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

"Kalau Waduk Pluit beres, nggak akan kerendem kok Istana," ujar Ahok.

Atas dasar itu, Ahok mengatakan belum berniat untuk mengajukan penggunaan teknologi modifikasi cuaca kepada pemerintah pusat melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar

Tahun lalu saja, kata Ahok, Joko Widodo yang saat itu masih menjadi Gubernur, tidak mengeluarkan status siaga darurat yang membuat Pemprov DKI harus mengeluarkan triliunan rupiah anggaran untuk menggunakan teknologi modifikasi cuaca dari BPPT.

"Teknologi modifikasi cuaca baru bisa saya keluarkan kalau status bencananya siaga darurat. Saya nggak mau keluarkan itu sekarang, nanti saya tanggung jawab harus keluarin duit berapa triliun? Saya pikir saya belum mau keluar duit sebesar itu untuk teknologi modifikasi cuaca sekarang," jelas Ahok. (ase)

Baca juga:

Siap-siap Jakarta Banjir
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016