Waspada, Hujan Sangat Lebat Bakal Guyur Jakarta

Banjir Genangi Jalan Protokol di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id - 
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Warga DKI Jakarta diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir besar yang mungkin saja terjadi dalam waktu satu pekan ke depan.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, dalam jangka pendek selama tujuh hari ke depan akan ada potensi hujan yang lebih lebat di langit Jakarta.

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar
"Kita memperkirakan bahwa akan terjadi hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi dalam waktu dekat ini khususnya pada tanggal 12 hingga 14 Februari 2015," kata Kepala Bagian Peringatan Dini Cuaca BMKG, Kukuh Ribudianto, Selasa 10 Februari 2015.

Kukuh menjelaskan, intensitas curah hujan dibagi dalam beberapa tingkatan yaitu ringan, sedang, di atas lebat dan sangat lebat. 

"Ringan itu di bawah 20 milimeter, sedang itu antara 20 milimeter hingga 50 milimeter, di atas lebat 50 milimeter atau sangat lebat itu bisa mencapai 100 milimeter," katanya.

Pada tanggal 12 hingga 14 Februari 2015 nanti, diperkirakan intensitas curah hujan akan berada pada tingkat lebat yakni curah hujan di atas 50 milimeter.

Hujan dengan intensitas sangat lebat berpotensi mengguyur wilayah Jakarta khusunya di Jakarta Utara sekitar tanggal 13 Februari nanti.

"Sedangkan pada tanggal 14 Februari diperkiraan hujan lebat juga akan mengenai bagian timur seperti Bekasi dan Bandung," paparnya.

Siti Indah Lucanti - Jakarta



Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya