Dilanda Banjir, Warga Cipinang Melayu Butuh Dievakuasi

Banjir menerjang pemukiman warga di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Bayu Januar

VIVA.co.id - Intensitas hujan yang tinggi sejak Minggu malam hingga hari ini membuat beberapa Daerah di Ibukota Jakarta tergenang banjir. Salah satu daerah yang terkena banjir adalah RW 03 Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Banjir mulai memasuki rumah warga sejak kemarin hingga kini, ketinggian air berkisar antara 10 cm hingga 1 meter. Banjir di daerah ini bukan yang pertama kali dialami warga. Banjir menurut keterangan warga sudah langganan setiap tahun jika musim hujan.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
"Yah banjir hampir setiap tahun sekitar bulan Januari atau Februari," ujar warga, Hadi Suherman kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Februari 2015.

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar
Intensitas hujan yang tinggi di daerah Ini membuat Kali Sunter meluap. Titik terparah banjir berada di RT 10, 12, 13 dan 14, RW 03 Cipinang Melayu. Ketinggian air banjir mencapai 50-100 cm.

Dari pantauan, banyak warga masih bertahan di lantai 2 rumahnya. Namun tidak sedikit warga yang sudah mengungsi ke rumah tetangga yang tidak kebanjiran atau ke rumah saudara mereka.

Belum Mendapatkan Bantuan

Hingga saat ini, warga mengaku belum mendapatkan bantuan evakuasi dari Pemprov DKI atau dari pihak terkait lain, proses evakuasi masih dilakukan warga sekitar dengan alat. Seperti ban karet dan tali tambang untuk memudahkan warga berjalan.

Bantuan logistik serta makanan juga sampai saat ini masih belum datang. Padahal, banyak warga yang membutuhkan bantuan makanan karena mereka tidak bisa memasak dan banyak warga terutama mereka yang lanjut usia atau anak-anak yang mulai terkena penyakit kulit.

"Sampai sekarang belum mendapatkan bantuan makanan, pakaian atau obat-obatan," ujar warga bernama Inggit.

Bayu Januar/ Jakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya