Belum Bisa Tangani Banjir, Ahok Minta Maaf ke Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro
VIVA.co.id -
Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan permohonan maaf kepada warga DKI Jakarta. Karena Pemprov DKI Jakarta belum mampu mengantisipasi banjir yang kembali melanda tahun ini.

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar

Pemprov DKI, diakui oleh Ahok, sapaan akrab Basuki, hingga saat ini masih belum bisa secara tuntas menormalisasi aliran-aliran sungai yang berfungsi untuk menyalurkan limpahan air banjir menuju ke laut. Proyek normalisasi itu, kata Ahok, terus tersendat di kali-kali yang berada di aliran timur dan barat Jakarta.

"Kami harus minta maaf, karena faktanya DKI memang belum bisa menyelesaikan itu," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 10 Februari 2015.

Selain itu, Ahok juga meminta maaf, karena pemerintahannya belum bisa secara optimal melakukan pendekatan kepada warga untuk mau direlokasi dari kawasan seperti bantaran waduk, kali, atau wilayah yang akan terdampak oleh proyek sodetan.

Padahal, kata Ahok, relokasi warga dari kawasan-kawasan pemukiman seperti itu sangat penting dilakukan agar Pemprov bisa melanjutkan proyek-proyek normalisasi sungai.

"Saya mengerti ini masalah psikologis, tetapi terkadang masyarakat itu nggak mau buat ngasih tanahnya di daratan yang tinggi untuk dijadikan sodetan," ujar Ahok.

Kendati demikian, Ahok menegaskan bahwa Pemprov akan terus bekerja keras untuk melakukan upaya penanganan terhadap bencana banjir. Serta upaya antisipasi untuk meminimalisir potensi bencana banjir yang diperkirakan akan terus terjadi.

Upaya antisipasi itu, kata Ahok, antara lain rencana penambahan pompa di kali samping Central Park dan pembangunan waduk-waduk di Jakarta Barat, serta pendekatan yang lebih persuasif kepada warga agar mau direlokasi dari kawasan pemukiman ilegal.

"Makanya kami minta maaf. Kami sudah kerja keras. Bukannya mengatakan upaya penanganan banjir kita sudah lebih baik, tetapi sekarang pun sudah banyak daerah banjir yang hanya sebentar kemudian surut," ujar Ahok. (one)

Baca juga:


Siap-siap Jakarta Banjir
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016