Musim Penghujan, Waspada 8 Titik Rawan Longsor di Depok

Longsor di Depok
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Warga Perumahan Pesona Khayangan, Depok, berharap pemerintah daerah bersikap tegas kepada mereka yang mendirikan bangunan di atas tebing. Sebab, pemukiman elit di kota Depok itu sudah tiga kali menjadi korban longsoran.

Longsor terparah dan nyaris menimbun sebuah rumah di Blok N Pesona Khayangan ini terjadi Senin siang kemarin. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Diduga, buruknya saluran air yang berada diatas pemukiman menjadi faktor utama terjadinya longsor.

"Ini sudah yang ketiga kalinya longsor, dan ini yang terparah. Saat kejadian, saya lagi di luar, istri saya yang dengar suara berisik gemuruh. Jujur, kami takut, terutama anak-anak. Saya khawatir mereka trauma, karena longsor ini nyaris menimbun rumah kami," ucap Liston Hutagaol, warga N 1, Pesona Khayangan, Depok, Selasa 10 Februari 2015.

Pria yang mengaku menjabat sebagai salah satu manager di perusahaan swasta ini sangat berterima kasih dengan respons pemerintah yang begitu cepat dan sigap menanggulangi musibah ini. "Pemerintah sudah cukup responsif, tinggal ketegasan warga saja. Terutama, mereka yang bermukim di atas tebing, harusnya saluran airnya bisa lebih baik," tegas dia.

Sementara itu, Dandim 0508 Letkol Inf. Santosa, mengungkapkan bahwa sedikitnya ada 5 - 8 titik rawan longsor di Kota Depok. Beberapa di antaranya, bahkan berada di sepanjang jalan, yakni Jalan Tanah Baru Beji yang berada langsung di bibir kali.

"Upaya penanggulangan kita sudah berkoordinas dengan Dibimasda, baik banjir maupun longsor. Rawannya kan banjir dan longsor. Posisinya adalah tebing, seperti yang terjadi di Perumahan Pesona Khayangan Depok ini," ujarnya .

Lebih lanjut, Santosa menegaskan, pihaknya telah menyiapkan pasukan penanggulangan banjir dan longsor sebanyak satu SSK.

"Titik-titik longsor inilah yang jadi pusat perhatian. Ada tebing buatan, dipasang turap dan semen. Beberapa lokasi rawan longsor seperti di kawasan Kampung Utan, Sukmajaya, Pancoran Mas dan Beji. Kami tentu berharap, ada koordinasi yang baik dengan Pemerintah Depok," terang dia. (asp)

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Baca juga:

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016