Debit Air Katulampa Naik, Jakarta Waspada Banjir

Bendung Katulampa Siaga IV
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Warga Jakarta diminta untuk mempersiapkan diri guna mengantisipasi datangnya banjir kiriman Sungai Ciliwung dari kawasan Bogor, Jawa Barat.

"Warga Jakarta khususnya yang bermukim di bantaran Ciliwung bersiagalah karena sembilan jam lagi banjir kiriman akan tiba di Jakarta," kata petugas penjaga Bendungan Katulampa, Bogor, Andi Sudirman, Minggu 1 Februari 2015.

Andi menuturkan, debit air di Bendungan Katulampa sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB masih dalam kondisi normal dan tidak ada tanda bakal mengancam.

Namun, pada sekitar pukul 14.00 WIB, tiba-tiba debit air di bendungan itu meningkat drastis. "Awalnya masih sekitar 30 sentimeter, tapi sekarang naik menjadi 60 sentimeter," ujarnya.

Peningkatan debit air di bendungan utama Sungai Ciliwung itu terjadi akibat adanya peningkatan curah hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Drama Bogor, Dedi Sucahyono mengatakan, hujan akan terus mengguyur wilayah Bogor sepanjang hari ini.

"Hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat, pada pagi, siang dan malam hari ini. Hujan merata di seluruh wilayah Bogor, termasuk Depok dan sebagian wilayah Selatan Jakarta, dan Bekasi," ujarnya. (art)

Baca juga:

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan



Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016