Sering Makan Korban, Pohon Dibuatkan 'Kartu Sehat Pohon'

Pohon Tumbang di Pancoran
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Nandar Sunandar berencana bertemu dengan pihak Institut Pertanian Bogor (IPB). Tujuannya, untuk membicarakan soal pohon tumbang dalam rangka antisipasi musim penghujan yang diperkirakan mencapai puncaknya pada Febuari mendatang.

Nandar ingin mengetahui penyebab pohon tumbang, sehingga pencegahan bisa dilakukan secara dini.

Nahas, Dua Bocah Luka Parah Tertimpa Pohon Mangga

"Saya mau ketemu Profesor Dodi dari IPB, mudah-mudahan ada kerja sama. Kalau memungkinkan sih, saya juga mau ada kartu sehat pohon," katanya, saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 31 Januari 2015.

'Kartu sehat pohon' yang dimaksud Nandar merupakan guyon yang menyamakan pohon dengan manusia, yakni masyarakat pemakai Kartu Jakarta Sehat (KJS). Menurutnya, 'kartu sehat pohon' lebih pada perumpamaan untuk alat yang memiliki teknologi mendeteksi pohon-pohon rawan tumbang. 

"Sekarang, kita juga sudah melakukan kerja sama dengan LIPI. Mudah-mudahan, nanti bisa men-detect pohon tumbang," ungkapnya.

Selain LIPI, Nandar juga menyampaikan bahwa perguruan tinggi bisa ikut terlibat sebagai ahli, atau kalangan profesional yang melakukan penelitian untuk mendeteksi potensi pohon tumbang, sehingga langkah yang harus dilakukan kemudian pun bisa diketahui. 

Seharusnya, kata dia, ada pembatasan, sehingga pohon tidak terlampau tua. Meski demikian, jenis pohon juga harus dilihat, karena untuk beberapa macam pohon, akarnya menjadi tidak kuat seiring pertambahan usia. 

"Zaman dulu, pohon yang banyak ditanam adalah yang mudah tumbuh, seperti angsana dan akasia. Namun, akarnya tidak kuat, sehingga mudah tumbang. Sekarang sudah tidak ditanam lagi," jelasnya.

Pohon-pohon yang sudah telanjur ditanam dan sudah tua, lanjutnya, akan tetap dipelihara sampai batas usia dari pohon tersebut. Penebangan pohon secara rutin juga akan terus dilakukan, terlebih lagi pada musim hujan seperti sekarang ini. (asp)

Baca juga:

Pohon Tumbang di Dukuh Atas, Sudirman Macet Panjang
Pohon tumbang

Pohon Tumbang, Jalur Ciamis-Cirebon Lumpuh

Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016