Jakarta Masuk Daftar 50 Kota Tak Aman di Dunia

Rilis Barang Bukti Tindak Kejahatan dan Tahanan Di Polres Jakbar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Survei Economist Intelligence Unit (EIU) menobatkan Jakarta dalam jajaran kota paling tidak aman sedunia. Ini dilihat dari kualitas keamanan di 50 kota di dunia.

Senjata Jakarta Hapus Gelar Kota Tak Aman Sedunia

Menanggapi  hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk meningkatkan pengamanan bagi warga.

"Kami bersama Polda Metro Jaya terus berupaya," ujar Djarot usai pertemuannya dengan Polda Metro Jaya di Balai Kota, Rabu, 28 Januari 2015.

4 Dari 7 Kasus Kejahatan di Jakarta Gunakan Senjata Api

Menurut Djarot, upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota yang aman harus di garap serius. Termasuk program Kota layak anak agar tidak hanya menjadi slogan semata.

Faktanya, hingga saat ini masih minimnya ruang terbuka hijau untuk tempat bermain anak terutama di daerah yang padat penduduk.

Kapolda: Dibanding Sniper, Lebih Baik Optimalkan Pos Pantau

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Heru Pranoto, menambahkan, tingkat kerawanan Jakarta semakin meningkat tiap tahunnya.

"Memang dari tanggal 31 Desember 2014  sampai 27 Januari 2015  itu kejahatan menggunakan senjata api dan tajam itu agak meningkat. Ada hampir 10 kejadian, kami telah ungkap 7 kejadian. Sisanya kita upayakan untuk ungkap," kata Heru.

Berdasarkan survei tersebut, Jakarta yang dinobatkan sebagai kota paling tidak aman berdasarkan perhitungan tentang keamanan warga, keamanan infrastruktur, keamanan digital, fasilitas anak hingga pelayanan kesehatan anak.

Berikut daftar kota kota yang paling tidak aman di dunia di antaranya Jakarta, Teheran, Ho Chi Minh City, Johannesburg, Riyadh. Sedangkan kita paling aman menurut survey EIU yaitu Tokyo, Singapura, Osaka, Stockholm, Amsterdam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya