Penyebab Tawuran Marak di Jakarta Selatan

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kawasan Jakarta Selatan tercatat sebagai tempat yang paling sering terjadi tawuran. Baik pelajar, warga hingga organisasi massa. Berbagai upaya terus dilakukan polisi untuk meredam aksi anarkisme tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat, punya kiat khusus untuk menghilangkan aksi tawuran di kawasan yang dipimpinnya itu, terutama tawuran antar warga Pasar Rumput, Setiabudi.

"Tidak cukup perventif, tetapi Kapolres harus silaturahmi ke sana. Kemudian Kapolsek membuat kebijakan positif dengan kedua belah pihak, dan buat MoU," kata Wahyu saat diwawancarai VIVA.co.id.

Tawuran warga ini, lanjut mantan Kapolres Kabupaten Bekasi itu, berawal dari masalah sosial. Banyak warga yang menganggur sehingga tidak memilik kegiatan dan berkerumun serta mengejek satu sama lainnya.

Wahyu mengatakan, selain mendatangi warga, polisi tak segan menindak tegas pelaku yang terbukti memprovokasi dan membawa senjata tajam.

"Bahkan dari pengembangan di sana ada narkobanya juga. Kita proses dari semua lini apa penyebab dari tawuran ini," jelas dia.

Sementara khusus tawuran antar pelajar, lanjut Wahyu, sudah terbilang menurun dari tahun sebelumnya. Apalagi antar SMA 6 dan 70, Bulungan.

"Biasanya setiap ada yang lulus, pasti ada tawuran. Tapi sudah beberapa kali lulus kami redam dengan tindakan tegas sehingga tak ada yang berani," jelas dia.

Awalnya, aku Wahyu, pendekatan untuk menghilangkan tawuran pelajar ini sangat sulit dilakukan. Namun setelah diketahui ada oknum yang membantu setiap kali tawuran, dia langsung memberikan sanksi dengan hukuman pidana.

"Kita kembangkan dari situ, ternyata ada alumni yang mewadahi. Beberapa waktu lalu kami juga membuka workshop, ternyata aksi twauran pelajar itu dimulai dari jejaring sosial," kata Wahyu.

Dia menjelaskan, biasanya setiap sekolah memiliki jaringan operatornya masing-masing. "Faktanya, sekolah yang tak kenal satu sama lain malah yang terlibat. Bahkan bukan pelajar dari Jakarta Selatan juga," jelas Wahyu. (ren)

Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta
Geng Motor Satu Darah

Geng Satu Darah Bikin Onar di Bali, Ini Kronologinya

Geng Satu Darah awalnya melakukan reuni di sebuah diskotik di Bali.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016