Hasil Tes Narkoba Pengemudi Outlander Maut Berbeda

Kecelakaan Arteri Pondok Indah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Kepala Kepolisian Resort Jakarta Selatan, Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat, memberikan pengumuman mengejutkan. Hasil tes urine dan lab yang dilakukan oleh BNN terhadap pengemudi Outlander maut, Cristopher Daniel Sjarief (22 tahun) ternyata negatif dari penggunaan narkotika jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Pengumuman itu disampaikan langsung saat jumpa pers di kantornya, Selasa 27 Januari 2015 malam. Wahyu menjelaskan, hasil itu didapatkan setelah Badan Narkotika Nasional (BNN) rampung memeriksa hasil tes urine dan contoh darah milik tersangka.

"Selain pemeriksaan lab urine di BNN, hasil dari Puslabfor Polri dan pemeriksaan urine di Rumah Sakit Polri juga semuanya negatif," ujar Wahyu.

Sementara itu, terkait dengan pernyataan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Martinus Sitompul, yang memastikan jika Cristopher, anak pengusaha properti yang kuliah di Amerika, positif gunakan narkotika yang terbilang cukup mahal itu, menurutnya hanya dugaan awal lewat keterangan tersangka.

"Itu hanya pengakuan awal, sehingga saat ini setelah hasil ke luar, dapat diluruskan kembali. Pengakuan tidak bisa menjadi alat bukti dalam penyidikan," jelasnya.

Sebelumnya, Martinus mengatakan, jika Cristopher positif memakai zat yang mengandung narkotika golongan 1 nomor 36.

"Dari situ, kami bisa simpulkan, setelah dikonfirmasi, ya mengakui," kata Martinus, 21 Januari 2015 kemarin.

Martinus menjelaskan, narkotika yang dikonsumsi Cristopher adalah narkotika dengan jenis LSD. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan urine dan tes darah di laboratorium Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Metro Jaya.

"Penyidik telah mengonfirmasi hal tersebut, kemudian dari situ yang bersangkutan membenarkan," katanya.

Narkotika jenis LSD, lanjut Martinus, merupakan jenis zat psikotropika yang dapat menimbulkan halusinasi dan biasanya digunakan seperti memakan permen berbentuk papermint.

"Ini semacam asam yang membuat mood seseorang lebih rileks. Itu reaksi luar biasa, bentuknya seperti kertas kecil," katanya.

Dengan hasil tes urine terhadap tersangka yang dinyatakan negatif, maka bisa dipastikan Cristopher bebas dari jeratan pasal UU Narkotika dalam kasus kecelakaan maut yang menewaskan empat orang di kawasan Pondok Indah itu. (one)

Pengemudi Outlander Maut Hanya Dihukum Percobaan

Baca juga:

Kecelakaan Arteri Pondok Indah

Pengemudi Outlander Maut Divonis Ringan karena Beri Uang

Empat nyawa pengendara motor melayang dalam kecelakaan maut itu.

img_title
VIVA.co.id
27 Agustus 2015