Ahok Naikkan Gaji Pejabat DKI Rp33 Juta Per Bulan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai pelantikan di Istana Negara, 19 November 2014
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyebut, 701 pegawai negeri sipil (PNS) yang baru saja dilantiknya memiliki kemungkinan untuk mendapatkan total gaji atau pendapatan hingga Rp33 juta setiap bulannya.

Hal ini, kata Ahok, sapaan akrab Basuki, dikarenakan Pemerintah Provinsi DKI telah menerapkan sistem penggajian berdasarkan kinerja (salary based on performance) melalui sistem tunjangan kinerja daerah (TKD) mulai tahun 2015.

"Berapa banyak got atau saluran mampet yang bisa diberesin lurah, berapa banyak angkot ngetem yang bisa ditilang Dishub, berapa banyak petugas PTSP bisa ngurusin orang untuk bikin KTP. Itu semuanya ada hitungan poin TKDnya," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 22 Januari 2015.

Maka dari itulah, Ahok meminta agar para pejabat baru itu bekerja layaknya seorang calo yang ingin mempermudah warga mengurus berbagai keperluannya.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Seorang calo, kata Ahok, pasti akan mencari sebanyak mungkin warga yang bisa dibantu. Karena penghasilan mereka tergantung kutipan tidak resmi yang mereka dapat dari warga itu.

"Harus memiliki semangat seperti calo cari proyek, tapi nggak usah minta tip, TKD kamu sudah besar," kata Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan pelantikan pejabat besar-besaran hari ini. Pelantikan ini merupakan salah satu kebijakan reformasi birokrasi dari Ahok dan ditujukan untuk memastikan bahwa setiap pos jabatan di tubuh Pemprov DKI hanya diisi oleh pejabat yang kompeten dan bersih dari kemungkinan menyelewengkan anggaran.

Sebanyak 701 pejabat yang terdiri dari 667 orang pejabat eselon IV, 29 orang pejabat eselon III, dan 5 orang pejabat eselon II dilantik secara langsung oleh Ahok di aula Gedung Blok G Balai Kota DKI. (one)

Baca juga:

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016