Jakarta Diguyur Hujan, Warga Diminta Antisipasi Banjir

Ilustrasi/Langit mendung di atas Kota Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Seperti yang telah diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan di wilayah Jakarta akan terus meningkat sesuai polanya yaitu pada akhir Januari hingga pertengahan Februari.

Meskipun BMKG menyatakan bahwa hujan pada Januari 2015 ini lebih kecil dibandingkan Januari 2014, namun potensi hujan berintensitas besar akan tetap ada. Kondisi ini dapat memicu timbulnya banjir.

"Apakah banjir tahun ini akan lebih besar daripada tahun 2013 dan 2014, kita tidak dapat memprediksikan dengan pasti karena sangat tergantung dari intensitas, durasi dan distribusi hujannya," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 22 Januari 2015.

Pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa banjir besar di Jakarta umumnya terjadi pada minggu ketiga Januari hingga pertengahan Februari."Saat ini semua sungai di Jakarta normal. Tinggi muka air sungai semuanya masih aman," ujarnya.

Sutopo mengingatkan, masyarakat harus merespons alam. Dengan puncak hujan pada Januari-Februari maka masyarakat harus mengantisipasi semua aktivitas terkait dengan kondisi cuaca.

"Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, amankan perabotan rumah tangga, siapkan pakaian, selimut, makanan siap makan, dan lainnya yang bisa dibawa atau digunakan saat banjir," ujarnya.

Sutopo mengimbau para pengendara sepeda motor agar senantiasa membawa jas hujan agar tidak bertedung di bawah jembatan layang saat hujan mengguyur. Menurutnya, berteduh di bawah jembatan layang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Para pengendara motor bawalah jas hujan. Masyarakat hendaknya membawa payung atau jas hujan. Jangan saat hujan semua berteduh di bawah fly over atau jembatan penyeberangan sehingga menambah kemacetan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan dari Posko BPBD DKI Jakarta pada Kamis, pukul 06.00 WIB, posisi tinggi muka air sungai di pos pengamatan, sebagai berikut.

Katulampa 50 sentimeter (siaga 4);
Depok 130 sentimeter (siaga 4);
Manggarai 720 G (siaga 4);
Karet 410 sentimeter (siaga 4);
Krukut Hulu 80 sentimeter (siaga 4);
Pesanggrahan 80 sentimeter (siaga 4);
Angke Hulu 50 sentimeter (siaga 4);
Cipinang Hulu 85 sentimeter (siaga 4);
Sunter Hulu 50 cm/M (siaga 4);
Pulo Gadung 370 sentimeter (siaga 4);
Waduk Pluit -165 sentimeter ;
Pasar Ikan 170 sentimeter (siaga 3).

Baca juga:

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016