Lahan Makam Bob Sadino Terancam Terendam Banjir

Bob Sadino Dimakamkan di TPU Jeruk Purut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVAcoid - Puncak musim hujan tahun ini sudah tiba, ancaman banjir di Jakarta semakin nyata. Banjir diperkirakan tak hanya bakal merendam permukiman warga, tetapi juga lahan pemakaman umum.

Salah satu lahan pemakaman di Jakarta, yang diperkirakan bakal terendam banjir adalah lahan pemakaman yang baru saja dijadikan lokasiĀ  pemakaman pengusaha nyentrik Bob Sadino, yaitu di Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Kepala Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Bambang Subiakto mengatakan, banjir bukan hal yang baru terjadi di TPU Jeruk Purut. Hampir setiap tahun, ribuan makam di area seluas 8,5 hektare itu selalu terendam banjir.

"Banjir rutin terjadi di musim hujan khususnya di kavling AA2," kata Bambang, Selasa 20 Januari 2015.

Bambang menuturkan, banjir yang merendam TPU itu berasal dari luapan Kali Krukut yang melintas di dekat TPU tersebut. "Kita sudah beberapa kali meminta untuk dibangunkan turab, agar air kali tidak lagi masuk ke area TPU, tetapi hingga saat ini belum terlaksana," ujarnya.

Tak hanya merendam makam, banjir juga menyebabkan tanah di lahan pemakaman Jeruk Purut menjadi sulit untuk digali.

"Kalau musim hujan tidak ada satu pun yang bisa dimakamkan di sekitar kavling AA2 karena sulit menggali tanahnya," ujar Bambang.

Bambang menjelaskan, menurut data yang dimilikinya, di TPU Jeruk Purut terdapat 10.865 makam. Jumlah itu sudah melebihi jumlah petak yang disediakan yakni hanya 10.269.

Siti Indah Lucianti - Jakarta (asp)


Baca juga:


Pesan Ajaib Bob Sadino Sebelum Meninggal Dunia

Bob Sadino.

Ini Impian Bob Sadino yang Belum Terwujud

Apa impian Bob Sadino yang belum terwujud bersama sahabatnya?

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2015