PSK Prumpung Akan Dibekali Pencegahan AIDS

VIVAnews - Untuk menekan angka penderita HIV/AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI Jakarta berencana melakukan sosialisasi program komprehensif pencegahan HIV/AIDS Melalui Transmisi Seksual (PMTS) terhadap pekerja seks komersial di kawasan Prumpung, Jatinegera, Jakarta Timur.

Program ini bukan upaya untuk melegalkan kawasan prostitusi tersebut, namun lebih menekankan sisi kemanusiaan untuk membina dan memperlakukan PSK sebagai manusia.

Pada triwulan pertama 2009 tercatat ada 114 kasus HIV dan 854 kasus AIDS di Jakarta. Sedangkan di Jakarta Timur terdapat 127 kasus AIDS.

Ketua KPA DKI Jakarta, Rohana Manggala, mengatakan, setidaknya ada empat elemen kunci agar program PMTS dapat berjalan sukses yaitu, cakupan intervensi perubahan perilaku, penguatan pemangku kepentingan wilayah setempat, pengelolaan kondom, serta menghindari Infeksi Menular Seksual (IMS) secara efektif.

Menanggapi hal ini, Wakil Walikota Jaktim, Nugraha Kustianto Jasin mengakui dengan adanya sosialisasi ini terhadap para PSK di wilayahnya diharapkan dapat mengurangi angka kasus AIDS di wilayah Jakarta Timur yang hingga hari ini mencapai 127 kasus.

"Program ini tentu tak akan ada artinya jika hanya dilaksanakan oleh satu unit saja. Untuk itu perlu melibatkan berbagai unsur atau unit terkait serta pemangku kepentingan setempat," kata Nugraha.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024