Pernah Diteror, Gereja Katedral dan Immanuel Dijaga Ketat

Misa Natal di katedral
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong
- Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan, ribuan petugas gabungan akan mengamankan seluruh gereja yang ada di Jakarta saat perayaan Natal dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2015.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

Pengamanan ini dilakukan secara berlapis terhadap gereja besar di Jakarta seperti Katedral dan Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat. Penjagaan ekstra ketat ini karena dua gereja besar itu sempat menjadi sasaran aksi teror.
Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim


"Jadi satu hari sebelum pelaksanaan misa Natal atau malam ini, rencananya akan dilakukan sterilisasi di dua gereja besar itu," ujar Rikwanto, Selasa 23 Desember 2014.


Rikwanto menjelaskan, terdapat 12 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang masih bermasalah. Permasalahan karena ditemukan sengketa di lapangan, rumah difungsikan sebagai gereja, dan ada penolakan dari masyarakat sekitar yang melarang jamaah beribadah karena rumah difungsikan sebagai gereja.


"Ada 12 gereja yang bermasalah, sekarang masih dikoordinasikan bagaimana peribadatan," kata Rikwanto.


Hari ini, gelar pasukan operasi lilin sebagai pengamanan Natal dan tahun baru dilakukan di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya dengan inspektur upacara Kapolri Jenderal Polisi Sutarman.


Dalam gelar pasukan ini, seluruh kesatuan dalam kepolisian dilibatkan. Berbagai peralatan pendukung untuk operasi juga dikerahkan.


"Dalam operasi lilin kali ini, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.493 personel untuk mengamankan perayaan Natal 25 Desember mendatang. Para anggota akan disebar di beberapa tempat vital di wilayah Jakarta, itu dilakukan setelah gelar pasukan," jelas Rikwnato.


Polda Metro Jaya melakukan Operasi Lilin Jaya 2014 pada 23 Desember sampai dengan tanggal 2 Januari 2015. Operasi ini dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya