Minim Pembangunan, Ahok: 2 Tahun DKI Serasa Tak Punya Dinas PU

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, meminta kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Agus Priyono untuk mempercepat pelaksanaan berbagai rencana proyek penanggulangan potensi banjir Jakarta.

"Tahun depan kita harus ngebut. Saya enggak mau lagi dengar PU ada telat pasang sheetpile, telat ngeruk sungai, telat bangun jalan. Ini enggak boleh lagi terjadi. Sistemnya semua harus terpadu," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai memberikan pengarahan percepatan antisipasi banjir kepada Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kebersihan, dan Kepala BPBD DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 18 Desember 2014.

Ahok ingin Agus tidak mengulang kesalahan Kepala Dinas PU sebelumnya. Menurutnya, selama dua tahun Dinas PU dipimpin oleh dua kepala dinas, Manggas Rudy Siahaan dan Ery Basworo, hampir tidak ada proyek berarti yang berhasil diselesaikan oleh Dinas yang bertanggungjawab atas pembangunan dan perawatan berbagai infrastruktur di ibu kota.

Menurutnya, pembangunan berbagai macam proyek infrastruktur di Jakarta selama dua tahun ke belakang, seperti waduk atau jalan inspeksi sungai, bisa diselesaikan karena dia banyak menagih perusahaan-perusahaan swasta untuk menyelesaikan kewajiban pengembangnya.

"Jadi saya katakan selama dua tahun ini, Pemprov DKI ini sama saja kayak enggak ada Dinas PU," jelas Ahok.

Padahal menurut Ahok, bila selama dua tahun ke belakang, Dinas PU DKI bisa mengoptimalkan pos anggarannya di APBD, ditambah dengan pemenuhan kewajiban-kewajiban pengembang untuk membangun berbagai proyek infrastruktur, pembangunan di ibu kota bisa berlangsung dengan sangat pesat.

"Bayangkan kalau kewajiban pengembang dan triliunan uang PU bisa benar-benar mereka pakai. Apa enggak kencang pembangunan kita?" kata Ahok.

Selain itu, Ahok juga menginstruksikan kepada Agus untuk selalu menggunakan e-catalogue dan tidak lagi menggunakan mekanisme tenderĀ  pengadaan barang dan jasa untuk setiap proyek pekerjaannya.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Hal ini penting dilakukan agar proses pengadaan bisa berlangsung dengan lebih efisien, sekaligus meminimalisir potensi permainan anggaran yang ditudingnya sering terjadi di Dinas PU sebelumnya.

"Kita maunya semua pengadaannya dilakukan di e-catalogue biar cepat. Biar enggak ada tipu-tipu," ujar Ahok.

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024