Pemerintah DKI Punya Saham Anker Bir

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengungkap kepemilikan saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di PT. Delta Djakarta. PT. Delta Djakarta, merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Bekasi serta bergerak di bidang produksi dan distribusi bir. Salah satu merek bir yang diproduksi oleh perusahaan itu adalah 'Anker'

"Kita punya sahamnya 20 persen," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jum'at, 12 Desember 2014.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Selain itu, PT. Delta Djakarta juga diketahui merupakan pemegang lisensi untuk produksi dan distribusi beberapa merk bir internasional seperti Carlsberg, Stout, dan San Miguel. Perusahaan yang juga melantai di Bursa Efek Indonesia itu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp48 miliar kepada Pemprov DKI pada tahun 2014.

Atas dasar itu, Ahok mengatakan, Pemprov DKI tidak akan melarang baik peredaran maupun konsumsi bir dan minuman keras di Jakarta. Menurutnya, selain produksinya memberikan PAD kepada Pemprov DKI, konsumsi bir dan minuman keras di DKI memang dibutuhkan oleh sebagian warga.

Daripada melarang penuh peredarannya, Ahok mengatakan Pemprov lebih memilih untuk membatasi dan memperketat izin produksi dan peredarannya.

"Yang penting pengawasannya mesti diperkuat. Belinya dibatasi. Anak usia tertentu mau beli ya enggak boleh. Orang di kampung-kampung mau produksi ya enggak bisa," kata Ahok.

Baca juga:

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Ilustrasi KTP.

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Dukcapil DKI tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah lainnya terkait data kependudukan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024