Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Siapkan Ribuan Karung Pasir

Tanggul Kali Cipinang Jebol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
– Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) menyiapkan ribuan karung pasir guna mengantisipasi banjir.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

"Karung-karung tersebut nantinya akan dipakai untuk menutup, jika terjadi kebocoran atau tanggul jebol," ujar Kasie Pemeliharaan Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, Amir Pangaribuan, Minggu, 7 Desember 2014.
Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali


Ia mengatakan, 3.000 karung pasir tersebut saat ini sudah ditempatkan di tiga titik, yakni di rumah pompa Jl Kyai Tapa, Seasons City dan rumah pompa Tomang atau Fly Over Tomang.


"Kita siapkan, satu daerah 1.000," ujarnya menambahkan.


Selain menyiapkan karung pasir, Pemkot juga telah memperbaiki pompa air di tiga rumah pompa dari 27 rumah pompa yang ada, yakni pompa air Pondok Bandung, Gang Macan dan Departemen Agama. Amir menjelaskan, di Jakbar terdapat 96 pompa air yang berada di 27 rumah pompa. Menurut dia, saat ini kondisi pompa air itu masih berfungsi baik. Selain itu, pemkot juga menyiapkan pompa
mobile
dan
trailer
yang setiap saat dapat dibawa ke lokasi yang rawan genangan.  Ada 23 unit pompa
mobile
yang telah disiapkan.


Pemkot Jakbar juga telah menyiapkan 165 personel yang siap diterjunkan guna mengantisipasi banjir. Mereka nantinya akan bertugas menjaga pompa. Selain itu ada 40 orang satgas banjir yang selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan.


Amir mengatakan, pihaknya juga telah menguras dan memperbaiki saluran penghubung (PHB)  di 100 lokasi dan 150 saluran drainase jalan. Langkah itu diambil guna mencegah terjadinya genangan.


"Beberapa lokasi tersebut di antaranya saluran PHB Murni, saluran PHB Jelambar Kav Polri, saluran PHB Taman Ratu. Sedangkan saluran drainase seperti saluran Jl Semeru I, Jl Cempaka 6, Jl Jalur 20 Kembangan dan Jl Kamal Pelelangan."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya