Tarif Angkutan Umum di Jakarta Segera Naik

Terminal Bayangan di Pasar Rebo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews -
Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Organisasi Angkutan Darat DKI Jakarta akan menaikkan tarif angkutan umum yang beroperasi di jalanan ibu kota. Langkah ini sebagai imbas dari kebijakan pemerintah Jokowi-JK menaikkan harga BBM bersubsidi.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Hari ini kami akan melakukan perhitungan ulang untuk menaikkan tarif angkutan umum," ujar Ketua DPD Organda Safruan Sinungan kepada
Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
VIVAnews , Selasa, 18 November 2014.


Safruan menuturkan, kenaikan tarif itu akan berlaku bagi moda angkutan umum yang mengenakan tarif reguler, seperti bus kota, mikrolet, dan taksi. Sementara itu, perhitungan peningkatan tarif angkutan umum non ekonomi, seperti bus wisata antar kota, TransJakarta, hingga APTB dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.


Kenaikan tarif itu, kata Safruan, berada di kisaran Rp1.000 hingga Rp1.500 untuk masing-masing moda transportasi yang berada di bawah koordinasi DPD Organda.


Menurut Safruan, persetujuan usulan kenaikan tarif itu nantinya akan tergantung pada persetujuan yang diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta.


"Minggu ini kami upayakan usulan kenaikan tarif itu bisa masuk ke meja Pak Gubernur, sehingga realisasinya tergantung pada kecepatan birokrasi di Pemprov DKI juga," ujar Safruan.


Naik sepihak
Safruan tidak memungkiri bila sehari setelah kenaikan harga BBM diumumkan oleh pemerintah, beberapa sopir atau operator angkutan umum telah menaikkan tarif angkutannya secara sepihak.


Namun, Safruan menyatakan, lembaganya sebagai regulator tarif angkutan umum di Jakarta untuk sementara hanya bisa memberikan teguran tanpa penindakan kepada sopir-sopir yang membandel itu.


"Kami hanya memberi teguran saja karena kami memaklumi bahwa mereka juga melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan hidup mereka," ujar Safruan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya