Larang Motor Masuk Jalan Protokol, Ahok Duga Tuai Kontroversi

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0
- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, sudah memperkirakan kemungkinan munculnya penolakan terhadap rencana pelarangan sepeda motor untuk melintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada bulan Desember 2014 nanti.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Ini pasti banyak yang
Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
enggak seneng, ini bukan kebijakan populer. Menyetop motor, melarang motor lewat Jalan Thamrin pasti akan ada banyak orang marah," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 11 November 2014.


Namun demikian, Ahok mengatakan, pihaknya harus tetap melaksanakan kebijakan baru terkait penataan lalu lintas di Jakarta itu guna mengurangi kecelakaan. Pasalnya, berdasarkan data yang dia terima dari Ditlantas Polda Metro Jaya, sebanyak 2 sampai 3 orang pengendara sepeda motor meninggal di Jakarta setiap harinya.


"Memang
enggak
ada pilihan. Mereka yang meninggal itu kebanyakan juga tulang punggung keluarga. Rata-rata mereka juga masih muda, anak-anaknya masih kecil," ujar Ahok.


Ahok menuturkan, kebanyakan pula dari para pengendara motor adalah warga commuter yang biasanya datang dari daerah-daerah penyangga sekitar Jakarta.


"Naik motor itu ada efek psikologisnya. Kamu capek-capek dari Bekasi, dari Depok ke pusat kota Jakarta. Ketika akan sampai kantor tabrakan," ujarnya Ahok.


Namun demikian, Ahok memastikan kebijakan itu tidak akanĀ  menghambat mobilitas warga, karena langkah tersebut dibarengi dengan penyediaan fasilitas park and ride di beberapa gedung yang letaknya strategis, juga mengoperasikan beberapa bus tingkat gratis yang akan melayani transportasi warga.


"Jadi ketika kamu masuk ke tengah kota berhenti saja. Kamu (dari luar kota) sudah
enggak
akan kuat lagi. Istirahat saja, naik bus ber-AC, ada wi-fi. Kamu duduk di situ," ujar Ahok.


Kebijakan pelarangan sepeda motor melintas di Jalan Medan Merdeka Barat dan Bundaran HI akan berlaku efektif pada bulan Desember nanti. Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Kepolisian akan menilang para pengendara yang membandel dan kedapatan melintas di jalan itu.


Selama bulan November 2014, Dinas Perhubungan akan melakukan sosialisasi berupa pemasangan spanduk-spanduk. Sedangkan pemasangan rambu-rambu larangan, direncanakan bisa dimulai pada awal bulan Desember.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya