Arena PKL "Lenggang Jakarta" Monas Selesai Bulan Depan

Ingin Berantas Korupsi di Pemprov DKI, Ahok Datangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack
- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menargetkan, tempat relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di eks Lapangan IRTI Monas, diprediksi selesai pada Desember 2014.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, arena PKL yang dinamai "Lenggang Jakarta" itu akan menjadi semacam inkubator bisnis bagi para PKL yang sebelumnya berjualan secara ilegal di dalam lapangan Monas.
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024


"Akan kami masukkan ke sini, biar kami latih dan dia bisa belajar. PKL yang sudah kaya, sudah hebat, dia enggak mau dagang sini lagi, ganti lagi sama PKL yang baru," ujar Ahok, saat mengecek kelanjutan pembangunan tempat itu, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin, 10 November 2014.


Pembangunan arena PKL itu merupakan salah satu bentuk dari
corporate social responsibility
(CSR) dari PT Sosro dan Rekso Group. Selain melakukan pembangunan, 2 perusahaan itu diwajibkan juga oleh Pemprov DKI untuk melatih para PKL yang diinkubasi bisnisnya.


"PKL betul-betul kami latih pakai chef beneran untuk bisa bikin masakan yang enak. Di makanannya enggak boleh ada bahan kimia, enggak boleh ada zat pewarna. Jadi, kami wajibkan mereka (Sosro dan Rekso) untuk bisa
knowledge transfer
juga ke Dinas KUMKM kami," terang Ahok.


Jika strategi pembinaan PKL seperti ini berhasil, Pemprov juga berencana  membangun arena-arena PKL khusus seperti ini di tempat-tempat lainnya ke depan.


"Kami akan bangun banyak tempat dengan model seperti ini di waduk, di taman-taman. Jadi, nanti tidak ada lagi yang namanya PKL liar," ujar Ahok. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya