TUTUP
TUTUP
METRO

Peringati Hari Pahlawan, Ahok Bangkitkan Semangat Kepahlawanan

Ahok didaulat sebagai inspektur upacara Hari Pahlawan di Monas.
Peringati Hari Pahlawan, Ahok Bangkitkan Semangat Kepahlawanan
Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menjadi inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

Dalam amanatnya, Ahok, sapaan akrab Basuki, menyampaikan pentingnya menauladani sikap pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajah.

"NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa, dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya," ujar Ahok, Senin, 10 November 2014.

Ahok menyampaikan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial, militansi, serta keberanian berkorban para pahlawan dalam melepaskan diri dari ketertindasan kolonialisme dan imperialisme adalah semangat yang juga perlu dikobarkan dalam rangka melakukan pembangunan Indonesia saat ini.

"Kita harus memaknai semua itu sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang," ujar Ahok.

Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, pemerintah mengambil tema "Pahlawanku Idolaku". Ahok menuturkan, tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan di mata warga sebagai ukuran nilai dalam menjalani kehidupan sehari-hari, juga sebagai panutan dalam pencarian jati diri masyarakat Indonesia.

"Tema ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus bahwa semangat juang dan kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa," ujar Ahok.

Hadir dalam upacara ini, seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) DKI, juga perwakilan dari militer, Satpol PP, dan kepolisian. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP