Ahok Tolak Proyek Monorel PT Adhi Karya

Pameran Transportasi Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Perwakilan PT Adhi Karya diam-diam telah mendatangi kantor Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, pada hari Rabu 29 Oktober 2014 kemarin.
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, kedatangan dari para petinggi BUMN itu adalah untuk memberikan tawaran investasi kepada Pemprov DKI terkait proyek infrastruktur sarana transportasi yang ingin mereka bangun.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Dia tawarkan kita untuk investasi di proyek monorel," ujar Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 30 Oktober 2014.
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Monorel yang ditawarkan oleh PT Adhi Karya, dikatakan Ahok, adalah rute monorel baru yang mencakup Kuningan - Cawang - Bekasi Timur, dan Cawang - Cibubur sepanjang 52 KM.

Namun demikian, Ahok menegaskan menolak tawaran investasi tersebut. Alasannya, dia tidak ingin Pemprov mengambil risiko dengan menyuntikkan dana ke proyek pembangunan infrastruktur transportasi yang belum jelas keberhasilannya.

"Aku bilang enggak tertarik. Daripada kita investasi di situ, kita lebih cenderung maunya perusahaan properti yang membangun (monorel)," ucap Ahok.

Sebelumnya, Pemprov DKI pada tahun 2004 lalu juga bekerjasama dengan perusahaan swasta PT Jakarta Monorail membangun jalur kereta monorel di Kuningan dan Senayan.

Namun karena ketidaksiapan dari perusahaan tersebut, seperti tidak jelasnya business plan, rencana pembangunan properti, dan jaminan bank yang dipakai sebagai sumber pendanaan, proyek transportasi massal itu akhirnya mangkrak hingga saat ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya