Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Bawa Obor Keliling Kota

Warga bawa obor keliling Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan (Depok)

VIVAnews - Ratusan warga menggelar pawai obor dengan berjalan kaki sejauh lima kilo meter melintasi Jalan Margonda Raya Depok. Ini dilakukan, dalam memperingati tahun baru Islam 1436 Hijriah.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Tak hanya bersalawat, sejumlah peserta juga menyalakan kembang api hampir di sepanjang jalan, Jumat 24 Oktober 2014.

Pantauan VIVAnews, pawai yang rata-rata dimeriahkan para bocah dan kaum ibu ini tidak membuat macet arus lalu lintas, namun sempat membuat kawasan sekitar Margonda tersendat lantaran pengemudi harus melambatkan kendaraan saat melintasi rombongan tersebut.

Sebelum pawai, sekirar 500 warga ini berkumpul di Lapangan Binangkit, Beji dan memulai kegiatan dengan membaca doa akhir dan awal tahun. Selain obor dan kembang api, peringatan malam tahun baru Islam ini juga dimeriahkan dengan marawis dan pukul bedug. Warga berjalan sepanjang lima kilometer dari ujung kampus BSI hingga Gunadarma, melalui jalur pemukiman warga.

Pawai obor dimulai di Lapangan Binangkit menuju Kober, Jalan Mangga, Al Furqon, Jalan Salak dan Manggis. Kemudian keluar di Jalan Raya Margonda dilanjutkan ke Jalan Kapuk, Jalan Kedoya dan kembali ke titik awal.

Ketua LPM Kelurahan Pondok Cina, Munir Haji Mukri mengatakan, pawai obor peringatan malam tahun baru Islam ini diikuti oleh anak-anak dan orang tua. Hampir separuh peserta adalah anak-anak.

"Tujuannya kami ingin membangkitkan kecintaan anak-anak terhadap Islam. Supaya mereka tahu bahwa peringatan tahun baru Islam juga bisa diperingati dengan cara seperti ini," kata Munir.

Pihaknya berharap, dengan pergantian tahun baru Islam dapat membawa kebaikan bagi bangsa. Untuk Depok sendiri, dia berharap agar ada peningkatan kualitas dari segala sisi.

"Harapannya tentu lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Munir.

Ketua RW 004, Kelurahan Pondok Cina, Ropiih menambahkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin warga. Selain meningkatkan kekerabatan, kegiatan ini juga sebagai bisa menambah kecintaan terhadap Islam. "Tiap tahun peserta selalu banyak. Karena warga memang menanti momen seperti ini," tuturnya. (asp)

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Ketua Umum Muhammadiyah mengingatkan Prabowo harus menyerap aspirasi dari Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud sebagai pertanggungjawaban politik dan konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024