DKI Berencana Bangun Rumah Sakit Kanker Ala Korea

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk membangun sebuah rumah sakit khusus kanker di kawasan Grogol, Jakarta Barat.
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, desain rumah sakit tersebut akan dibuat menyerupai sebuah rumah sakit khusus kanker yang pernah ia kunjungi di Korea Selatan pada saat itu pada awal Oktober lalu.
Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

"Di rumah sakit itu, kita akan buat bagaimana penanganan kanker itu dilakukan secara holistik. Jadi dengan desain yang baik, orang tidak akan merasa sedang berada di rumah sakit," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 23 Oktober 2014.
3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Selain rancangan fisik, manajemen pengelolaan dan penanganan pasien pun akan dilakukan dengan cara ala Korea. Ahok menuturkan, dalam upaya untuk menyembuhkan sebuah penyakit berat, masyarakat Korea melakukan penanganan tidak hanya melalui segi medis saja, namun segi spiritual dan juga emosional.

"Dengan porsi penanganan masing-masing sepertiga untuk tiap aspek itu, orang yang dianggap sudah tidak tertolong secara medis pun tetap bisa ditangani dengan baik," ucap Ahok.

Pembangunan rumah sakit, direncanakan baru bisa dimulai pada 2015. Pemprov saat ini masih belum merumuskan anggaran yang harus dikeluarkan. Namun menurut Ahok, Pemprov DKI dengan pemerintah lokal di Korea Selatan saat ini sudah saling menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk bersama-sama melakukan pembangunan.

Lokasi rumah sakit, direncanakan berada tepat di samping Rumah Sakit Sumber Waras yang saat ini sudah beroperasi."Tahun depan kita bangun di sebelahnya Rumah Sakit Sumber Waras. Jadi setelah ada anggarannya, pertama-tama nanti kita harus beli tanahnya dulu," ucap Ahok.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya