BPOM Gerebek 2 Pabrik Mi Berformalin di Depok

Mi berformalin
Sumber :
  • VIVAnews/Riefki Farandika Pratama

VIVAnews - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggerebek dua pabrik pembuat mi basah di kawasan Citayam Depok. Pabrik tersebut didatangi petugas lantaran diduga membuat mi dengan campuran pengawet buatan yang biasa disebut formalin.

Dari hasil penggeledahan, petugas telah mengantongi identitas seorang pria berinisial H yang mengaku sebagai pemilik pabrik.

Kepala Pusat Penyidikan BPOM Hendri Siswandi mengatakan, petugas telah mengintai pabrik tersebut dalam dua bulan terakhir.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Berdasarkan hasil penyelidikan, pabrik itu memproduksi mi basah enam ton. Mi mengandung banyak formalin, karena setiap tiga hari sekali pemilik pabrik membeli tiga kg formalin dari toko kimia di kawasan Tangerang," ujarnya Sabtu 11 Oktober 2014.

Harga satu kg mi yang dijual kepada pedagang di pasar sebesar Rp6 ribu per kg. Dalam sehari pendapatan perusahaan itu mencapai Rp36 juta, dan sebulan Rp1,08 miliar. Pabrik itu telah beroperasi selama tiga tahun.

"Keuntungan pemilik pabrik itu 30 persen dari pendapatan. Pantaslah pemiliknya kaya, memiliki rumah mewah, dan empat mobil mewah, selain alat transportasi yang memadai untuk mengangkut mi ke pasar," ujarnya.

Lebih lanjut Hendri menduga masih ada pabrik mi berformalin lainnya di Indonesia yang belum terungkap. BPOM memutuskan untuk melakukan operasi khusus dalam menangani permasalahan ini.

"Terkait kasus ini, penanganannya perlu bekerjasama dengan pihak terkait, ini kasus yang mengerikan," katanya.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024