Polisi Telusuri Penyandang Dana Demo FPI

Barang bukti yang diamankan dalam demo FPI
Sumber :
  • VIVAnews/Santi Dewi
VIVAnews
Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka
- Polda Metro Jaya belum berencana memanggil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab terkait demo rusuh di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat 3 Oktober lalu. Dalam kasus itu, Polda sudah menetapkan 22 anggota FPI sebagai tersangka.

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen

"Semua masih didalami, dan apabila tidak ada perihal atau petunjuk yang mengarah ke Pimpinan FPI (Habib Rizieq), maka ia tidak akan diperiksa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto, Selasa 7 Oktober 2014.
Siap-siap! Sheila on 7 Gelar Konser Tunggal ‘Tunggu Aku Di’ 5 Kota Ini


Selain itu, atas banyaknya dugaan soal aksi demonstrasi itu didalangi dan dibiayai oleh orang-orang tertentu, menurut Rikwanto, polisi sampai saat ini masih terus mendalami aksi anarki yang terjadi.


"Semua dugaan pasti ada saja, termasuk siapa penyandang dana demo, dugaan perintahnya oleh siapa hingga saat ini masih didalami," kata Rikwanto, Selasa 7 Oktober 2014.


Diketahui, bentrokan yang terjadi di depan Gedung DPRD DKI pada Jumat 3 Oktober lalu ini melibatkan ratusan massa FPI dengan kepolisian adalah buntut penolakan FPI terhadap Basuki Thahaja Purnama atau Ahok agar tidak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mengantikan Joko Widodo.


Dalam aksi anarki ini, 16 anggota kepolisian mengalami luka-luka. Setelah diselidiki, saat berunjuk rasa, massa FPI membekali diri mereka dengan senjata tajam, batu, dan kotoran sapi.


Selain 21 tersangka itu, satu orang masih diburu yakni Habib Novel. Sedangkan satu orang yang diamankan dari Markas FPI bernama Irwan selaku penanggung jawab aksi statusnya masih sebagai saksi. (ita)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya