Ahok Yakin Jokowi Tidak Dihambat untuk Mundur

Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVAnews
Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, tak terlihat berbeda menjelang detik-detik pengunduran dirinya dari kursi orang nomor satu di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengungkapkan Jokowi tampak santai menjelang lengser dari kursi DKI I yang telah didudukinya selama lebih dari 2 tahun itu.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

"Tadi aku lihat, beliau masih cengegesan aja," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 2 Oktober 2014.
Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan


Ahok yakin tidak akan ada hambatan berarti yang bakal dihadapi Jokowi dalam proses pengunduran dirinya dalam raat Paripurna DPRD DKI Jakarta yang rencananya akan gelar para sore hari ini.


"Kamu lihat aja, nanti sore gimana paripurnanya," katanya.


DPRD DKI Jakarta hari ini dijadwalkan menggelar rapat paripurna untuk mendengarkan pembacaan pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur. Jokowi harus mundur sebagai Gubernur agar bisa bersiap sebagai Presiden baru RI, yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.  sebagai Presiden dalam Pemilihan Presiden pada Juli lalu.


Berdasarkan mekanisme yang berlaku di pemerintahan, usai pidato pengunduran diri Joko Widodo diterima oleh DPRD DKI nanti, DPRD akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada Kementerian Dalam Negeri.


Surat tersebut kemudian ditembuskan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk diterbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian Jokowi sebagai Gubernur dan mengangkat Wakil Gubernur saat ini (Ahok) menjadi Pelaksana Tugas (Plt) atau Gubernur sementara DKI Jakarta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya