DKI dan PT KA Sepakat Bangun Rusun di Stasiun

Harga Properti Meningkat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) setuju menyerahkan lahan-lahan kosong yang dimiliki di Jakarta kepada pemerintah DKI. Lahan-lahan itu akan dipakai untuk membangun rumah-rumah susun sewa oleh Pemprov DKI.

"Lahan-lahan yang belum digunakan untuk kegiatan pengembangan perkeretaapian akan dikerjasamakan dengan DKI. Mungkin Pemprov nanti akan menggunakan lahan itu untuk membangun rusunawa, flat, atau yang lain," kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan usai penandatangan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 1 Oktober 2014.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Namun Jonan mengaku belum mengetahui lahan mana saja yang akan dibangun untuk menjadi rusunawa. Menurutnya masih banyak tahapan yang harus ditempuh oleh semua pihak yang terlibat supaya rencana ini terealisasi.

"Jadi saya punyanya ini, pemerintah DKI monggo mau bangun di mana," ujar Jonan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, rusunawa yang akan dibangun di lahan-lahan itu nantinya akan dihuni oleh warga commuter Jakarta. Namun tak menutup kemungkinan warga kelas menengah Jakarta pun bisa menghuni rusun-rusun tersebut.

"Kami mau bangun rusun yang memakai lift, bukan yang 5 lantai. Istilahnya apartemen sewa harga kos, supaya kelas-kelas menengah dan pekerja di Jakarta itu tinggal di sana, daripada bolak-balik dari luar kota makan biaya besar," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki.

Sebagai timbal baliknya, maka PT Kereta Api akan diberi hak untuk mengembangkan segi komersial dari lahan tersebut. Selain itu, pemukiman rusunawa pun bisa disambungkan langsung dengan stasiun-stasiun kereta api, sehingga jumlah pengguna layanan kereta api dalam atau antarkota bisa bertambah.

"Lahan yang dibangun bisa dikomersialkan setengahnya. Dengan subsidi silang seperti ini, kerja sama bisa saling menguntungkan. PT. Kereta Api bisa untung dari propertinya," kata Ahok.

Saat ini Pemprov dan PT Kereta Api baru menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) dari proyek ini. Pembangunan ditargetkan baru bisa dimulai tahun 2016.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024