Polisi Bidik Keterlibatan Dokter Asing di Klinik Metropole

Klinik Metropole di Kawasan Mangga Besar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan dua orang penanggungjawab Klinik Metropole sebagai tersangka, Selasa 30 September 2014. Klinik yang berlokasi di Jakarta Barat itu diduga telah mengakibatkan sejumlah pasiennya menjadi korban malapraktik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, mengatakan, penetapan tersangka diputuskan setelah polisi sebelumnya memeriksa 11 orang saksi, dan kemudian melakukan gelar perkara.

"Dua tersangka yaitu dr ES dan dr JP. Kedua tersangka saat ini telah dilakukan penahanan di Polres Metro Jakarta Barat," ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya.

Menurut Rikwanto, kedua orang ini ditetapkan sebagai tersangka karena telah melanggar Pasal 77 dan Pasal 80 Undang Undang Nomor 2009 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.

Meski ES dan JP berstatus tersangka dan banyak melanggar pasal, menurut Rikwanto, penyidik belum mengarahkan ancaman hukuman terkait kasus malapraktik. Pasalnya, polisi masih memfokuskan pemeriksaan terkait izin praktek klinik tersebut.

"Mereka dijadikan tersangka karena masalah perizinan. Suku Dinas Jakarta Barat sebelumnya hanya memberikan izin pertama kepada Metropole Hospital. Namun, pada praktiknya klinik itu menjalankan praktik utama, seperti ada rawat inap dan melakukan operasi," katanya.

Rikwanto melanjutkan, saat ini penyidik juga masih menelusuri adanya kemungkinan dokter asing yang praktik di klinik itu. Untuk mempermudah penelusuran, pihaknya juga mengaku telah melakukan kerjasama dengan pihak Imigrasi.

"Ini untuk mengecek apakah yang dokter asing tersebut sudah ke luar negeri, atau masih di dalam negeri. Kalau masih di dalam negeri, sudah kami layangkan pencekalan nama-nama dokter asing dimaksud," tambahnya. (one)

Baca juga:

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024