Ini Penyebab Air di Kalimalang Berubah Jadi Hitam

Tanggul Kalimalang Jebol
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVAnews - Air di Kalimalang Jalan KH. Noer Ali, berubah warna dari cokelat menjadi hitam pekat. Berubahnya warna air kali yang menjadi sumber Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bekasi dan Jakarta itu cukup mengejutkan warga sekitar.

Tak hanya warna, tetapi kali juga mengeluarkan aroma tak sedap. Menurut salah satu tukang ojek sekitar, bau menyengat tercium setiap pukul 07.00 sampai 11.30 WIB siang.

“Baunya menyengatnya sekarang sudah berkurang, tetapi warna airnya masih hitam,” kata Agung, Selasa 30 September 2014.

Keterangan serupa juga diungkap salah satu petugas keamanan Mal Metropolitan Abdillah. “Ratusan ikan juga mati, kayaknya ini imbas pencemaran limbah, baunya menyengat begitu,” ujarnya.

Selain hitam, air terlihat berminyak, sesekali angin bertiup dan bau lumpur pun semerbak di sepanjang kali.

Kepala BPLHD Kota Bekasi Dadang Hidayat mengatakan, air sungai Kalimalang sudah berubah-ubah warna sejak pekan lalu.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

“Kami sudah mengamati sejak Senin pekan lalu, air Kali Bekasi memang berubah-ubah warnanya. Paling parah. memang ketahuan tadi pagi, warnanya hitam pekat. Kami meyakini, menghitamnya kalimalang juga bersumber dari aliran Kali Bekasi,” jelas Dadang.

Dijelaskan Dadang, saat ini, Pempkot telah mengambil contoh (sample) air Kali Bekasi terkait adanya perubahan warna air di aliran Kalimalang.

Ada lima titik pengambilan sample, di antaranya adalah di Bendung Kali Bekasi, Jembatan Jalan Cut Meutia, Jembatan Kemang Pratama, Jembatan Bojongmenteng, dan di perbatasan Kota Bekasi – Kabupaten Bogor.

“Kami sudah mengambil sample air Kali Bekasi itu di lima titik. Dan saat ini, sedang diteliti di laboratorium untuk memastikan parameter apa yang telah melebihi ambang batas. Dugaan awal kami, parameter yang melebihi ambang batas adalah zat besi dan mangaan,” tuturnya. (asp)

Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024